Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Dalam Kehidupan

Peningkatan hidup manusia semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yg dibutuhkan dengan mempelajari teknologi informasi yg berkembang pesat seperti saat ini, dimana teknologi informasi sangat dibutuhkan bagi pengguna-penggunanya. Beberapa penerapan dari teknologi informasi antara lain dalam sebuah perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan, serta bermasyarakat. Kegunaan SIM sendiri yaitu:

  1. Meningkatkan ekstabilitas data yg tersaji secara tepat wajtu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  2. Menjamin terjadinya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  3. Mengembangkan proses perencanaan yg efektif.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  5. Menetapkan investasi yg akan diarahkan pd sistem informasi.
  6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

Keterkaitan dalam kehidupan seperti:

  1. Dalam sebuah perusahaan: kebutuhan efisien waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan sistem ini dalam lingkungan kerjanya.
  2. Dalam dunia bisnis: dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai jaringan komunikasi internet.
  3. Dalam dunia perbankan: diterapakan dalam transaksi perbankan lewat internet atau dikenal internet banking, beberap atransaksi yg dilakukan antara lain: transfer uang, penecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
  4. Dalam pendidikan: pelaksanaan pembelajaran sehari-hari seiring berjalannya waktu zaman yg semakin berkembang, dan masih banyak lagi yg lainnya.

Sumber : https://www.kompasiana.com/diahretnowsr/57086b9f10977335048b458e/pemanfaatan-sistem-informasi-manajemen-dalam-kehidupan?page=all

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTOaCTRq6Dl4-JcCCR7MSOHdigxrlpCu6yr9ezZ3GRBKkDzfk1V