Apa Itu Novel Honkaku? Siapa Saja Penulis Novelnya?

Honkaku adalah sebuah genre novel misteri di Jepang. Honkaku sendiri memiliki arti “ortodoks” dan merujuk pada pembuatan skenario teka-teki yang ruwet dan cerdik, yang hanya bisa diselesaikan oleh deduksi logis. Penulis Haruta Yoshitame, pencetus definisi honkaku, menjelaskan honkaku sebagai “cerita detektif yang berfokus pada proses investigasi kriminal dan menghargai hiburan berdasarkan penalaran logis yang murni”. Dalam honkaku, segalanya transparan. Tidak ada penjahat yang muncul tiba-tiba atau petunjuk penting yang ditahan sampai halaman terakhir. Penulis honkaku selalu “bermain adil” dengan memperlihatkan petunjuk dan tersangka terlebih dahulu dalam alur. Hal ini memberikan pembaca “kesempatan adil” untuk menemukan pelaku sebelum para detektif.

Ada banyak penulis ternama dalam genre honkaku yang disetarakan sebagai para Arthur Conan Doyle dan Agatha Christie dari Jepang. Berikut ini beberapa penulis honkaku menarik yang bisa minasan tengok!

  • Seishi Yokomizo (横溝 正史)

Sumber: Wikipedia (Seishi_Yokomizo) || goodreads.com (the-honjin-murders)

Seishi Yokomizo adalah salah satu penulis honkaku terhebat sepanjang sejarah novel honkaku. Karya honkaku pertamanya, “The Honjin Murders” yang diterbitkan pada tahun 1946, berisi tentang investigasi sepasang suami-istri yang dibunuh pada malam pernikahan mereka dalam ruangan terkunci dan sebuah katana berdarah yang tertancap dalam salju tanpa jejak. Novel ini memperkenalkan tokoh detektif Kōsuke Kindaichi yang muncul dalam 76 karya Yokomizo lainnya. Meski memiliki popularitas yang sangat besar di Jepang, novel Seishi Yokomizo baru saja menerima terjemahan bahasa Inggrisnya pada tahun 2019 kemarin—73 tahun setelah penerbitan pertamanya. Sekarang, baru sebagian dari 77 buku Seishi Yokomizo telah diterjemahkan, yaitu “The Honjin Murders”, “The Inugami Curse”, “Death on Gokumon Island”, dan beberapa buku lainnya.

  • Sōji Shimada (島田 荘司)

Sumber: goodreads (The_Tokyo_Zodiac_Murders)

Terbit tahun 1981, “The Tokyo Zodiac Murders” merupakan karya paling pertama Sōji Shimada.  Shimada memiliki dua serial novel detektif yaitu Detective Kiyoshi Mitarai dan Detective Takeshi Yoshiki serta beberapa novel satuan. Karya Shimada yang sudah diterjemahkan mencakup judul-judul “The Tokyo Zodiac Murders” dan “Murder in the Crooked House”. Shimada yang telah menulis lebih dari 100 karya mendapat penghargaan Japan Mystery Literature Award pada tahun 2009.

  • Masako Togawa (戸川昌子)

Sumber: Wikipedia (Masako_Togawa) || pushkinpress 

Seperti Yokomizo dan Shimada, Masako Togawa juga merupakan penulis honkaku yang sangat ternama. Karya Togawa yang paling terkenal adalah “The Master Key” yang terbit tahun 1962 dan “The Lady Killer” pada tahun berikutnya. Kedua buku ini sudah memiliki terjemahan bahasa Inggris sejak tahun 1980-an. “The Master Key” dimulai dengan pencurian master key kompleks apartemen di Tokyo dimana setiap penghuninya adalah seorang wanita dengan rahasia. Karya Togawa ini mendapatkan penghargaan Edogawa Ranpo Award ke-8 pada tahun terbitnya.  Togawa juga menulis banyak novel lainnya, yang ia katakan semua berdasarkan dari pengalaman pribadinya.

  • Yukito Ayatsuji (綾辻 行人)

Sumber: goodreads (Yukito_Ayatsuji) || booksandbao 

Lahir dengan nama Naoyuki Uchida pada tahun 1960, Yukito Ayatsuji merupakan nama pena yang digunakan untuk menulis buku. Ayatsuji adalah salah satu pendiri Honkaku Mystery Writers Club (本格ミステリ作家クラブ) yang berdiri pada tahun 2000. Novel pertamanya “The Decagon House Murders”, menceritakan perangkap yang dimasuki sekelompok pecinta novel misteri di sebuah pulau lokasi pembunuhan brutal satu tahun silam. Karya ini mendapatkan peringkat nomor 8 dari Tozai Mystery Best 100, sebuah peringkat 100 novel misteri terbaik di Jepang.

  • Keigo Higashino (東野 圭吾)

Sumber: goodreads (the-devotion-of-suspect-x) || goodreads (Malice)

Banyak karya Keigo Higashino yang populer tidak hanya di Jepang tapi luar negeri. “The Devotion of Suspect X”, “Salvation of a Saint”, “Malice”, dan “Newcomer” hanyalah beberapa judul yang minasan mungkin dapat kenali. Higashino memiliki karakteristik novel yang menghindari whodunit dan lebih berfokus pada howdunit, dimana dari bab-bab awal, Higashino sudah memberitahu pembaca siapa pelakunya! Yang dibingungkan baik pembaca maupun para detektif adalah bagaimana cara pelaku melakukan pembunuhan mustahil tersebut.

Itulah pengertian dan beberapa penulis novel genre honkaku yang terkenal. Apakah minasan tertarik untuk membacanya?

 

Penulis: Elizabeth Amandeus V. Suwanda (26020266852)

Sumber:

Honkaku: a century of the Japanese whodunnits keeping readers guessing | Books | The Guardian

How locked-room mystery king Seishi Yokomizo broke into English at last | Crime fiction | The Guardian

12 Must-Read Japanese Mystery Novels (Honkaku) | Books and Bao

Seishi Yokomizo | Pushkin Press

Soji Shimada | Pushkin Press

Soji Shimada – Wikipedia

Masako Togawa – Wikipedia

Yukito Ayatsuji – Wikipedia

Honkaku Mystery Writers Club of Japan – Wikipedia

Tozai Mystery Best 100 – Wikipedia

Keigo Higashino – Wikipedia