Hanafuda, Kartu Remi Versi Jepang!

Source: wikipedia

Hanafuda (花札) adalah salah satu jenis kartu remi Jepang. Kartu ini biasanya lebih kecil dari kartu remi Barat, hanya 5,4 kali 3,2 cm, tetapi lebih tebal dan kaku. Makna secara harfiahnya adalah “kartu bunga”. Kartu kecil yang menyenangkan ini sangat populer di Jepang, Korea dan Hawaii dan dapat digunakan untuk memainkan berbagai macam permainan: Koi-Koi (alias Go-Stop), Hachi-Hachi (“Delapan Puluh Delapan”), Mencocokkan Bunga, dan Higo Bana, dan masih banyak lagi. 

Pada bagian depan setiap kartu terdapat gambar tanaman, tanzaku (短冊), hewan, burung, atau objek buatan manusia, satu kartunya bergambar manusia. Sisi belakang kartu biasanya polos, tanpa pola atau desain apa pun, dan secara tradisional diwarnai dengan warna merah atau hitam. Total ada 48 kartu, dibagi menjadi dua belas setelan, yang mewakili bulan-bulan dalam setahun. Setiap setelan ditandai dengan bunga dan memiliki empat kartu.

Kartu remi diperkenalkan ke Jepang oleh orang Portugis pada pertengahan abad ke-16. Kartu buatan Jepang pertama yang dibuat selama periode Tenshō (1573-1592) meniru kartu Portugis & disebut sebagai Tenshō Karuta. Setelah Jepang menutup semua kontak dengan dunia Barat pada tahun 1633, kartu remi asing dilarang & pada tahun 1648, Tenshō Karuta dilarang oleh Keshogunan Tokugawa. Referensi paling awal yang diketahui tentang Hana Awase (versi sebelumnya dari hanafuda) adalah dari tahun 1816 ketika tercatat sebagai alat perjudian yang dilarang. Pada periode Meiji, kartu remi mulai ditoleransi oleh pemerintah.

Pada tahun 1889, Fusajiro Yamauchi mendirikan Nintendo dengan tujuan untuk memproduksi dan menjual hanafuda buatan tangan. Nintendo telah berfokus pada video games sejak tahun 1970-an, tetapi terus memproduksi kartu di Jepang, termasuk set bertema berdasarkan Mario, Pokemon, dan Kirby. Game Koi-Koi yang dimainkan dengan hanafuda termasuk dalam Clubhouse Games (2006) milik Nintendo sendiri untuk Nintendo DS, dan Clubhouse Games: 51 Worldwide Classics (2020) untuk Nintendo Switch.