Thrifting di Jepang, apa lebih murah?

Source: themartlocal.jp

Untuk minasan yang gemar fashion atau membeli baju, mungkin sudah familiar ya dengan kata ‘thrifting’ dan mungkin gemar melakukan kegiatan ini. Nah, sebelum kita memulai artikelnya, simak dulu yuk deskripsi sedikit tentang thrifting!

 

Thrifting adalah kegiatan membeli barang bekas. Tentu, hal ini tidak hanya terpatok kepada berbelanja baju, tetapi bisa juga barang-barang lain seperti peralatan bekas, pernak-pernik, sampai konsol gim bekas. Toko-toko bekas ada yang mengambil untung tetapi tidak sedikit juga yang mendonasikan keuntungannya atau tidak mengambil untung.

 

Nah, terus, apakah membeli barang bekas atau thrifting di Jepang lebih murah? Jawabannya adalah, iya dan tidak. Contohnya, membeli buku komik (manga) di Jepang, biasanya harganya akan lebih murah dan dalam kondisi yang masih sangat layak atau bagus. Di Jepang, bahkan ada toko untuk menjual manga bekas, seperti Book Off. Satu manga bekas di sini yang biasa dijual 400 yen satunya bisa menjadi 100 yen. Bayangkan, jika ingin membeli satu volume manga bisa lebih dari 2000 yen, tetapi jika membeli bekas bisa dibawah 1000 yen. Lumayan murah ya, minasan? 

 

Tetapi, tentu ada barang-barang bekas yang menjadi lebih mahal. Contohnya adalah baju atau barang koleksi yang malah menjadi lebih mahal. Hal ini dikarenakan value atau nilai suatu barang lebih dinilai di Jepang, jadi walaupun bekas harganya bisa tetap lebih mahal atau sama seperti pertama beli, seperti pada situs jual beli barang bekas, suruga-ya.jp, dimana banyak barang hobi dijual disini. Toko ini juga memiliki beberapa cabang toko di Jepang. Lalu, ada juga barang yang baru atau belum rilis yang dijual di situs itu. Jika mencari barang yang dibilang langka, harganya kemungkinan besar akan dua kali lipat lebih mahal. Namun, jangan khawatir karena bisa jadi menemukan barang langka yang lebih murah, lho! Selain itu, barang-barang bekas di Jepang dirawat dengan baik dan kondisinya masih sebagian besar masih bagus. 

 

Nah, kalau mau thrifting baju bekas dan pernak-pernik lain di Jepang, bagusnya dimana ya? Yuk, lihat rekomendasi dibawah ini! 

 

  • 2nd Street, Tokyo

Toko yang satu ini berada di berbagai bagian di Tokyo, yaitu di Harajuku, Shinjuku, dan Sumida. Banyak yang dijual di toko ini, seperti baju, tas dan sepatu dengan desain yang unik. Tapi perlu diingat, harga yang sedang sampai mahal, karena banyaknya merek mewah di toko ini. 

 

  • Kindal, Ginza

Jika kamu penyuka merek mewah, maka tempat ini bisa menjadi rekomendasi. Karena berada di tempat yang mewah, maka barang yang dijual juga tergolong lebih mahal. Maka dari itu, jika kamu suka dan mengoleksi barang mewah seperti, Gucci, Dior, atau BAPE, maka kamu bisa coba kunjungi toko ini. 

 

  • Mode Off

Toko ini memiliki korporasi yang sama seperti toko barang bekas yang lain seperti Book Off (buku bekas), Hard Off (elektronik bekas) dan Liquid Off (alkohol dengan harga murah). Lokasinya ada di beberapa tempat seperti di Setagaya, Tokyo. Harga untuk baju-baju disini tergolong murah, dan cocok untuk pelajar. 

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk thrifting di Jepang? 

 

Penulis: Lintang Puruhita Haryadi

NIM 2501982260