Pantai Indoor di Jepang

Pantai menurut KBBI adalah tepi laut atau pesisir serta merupakan perbatasan daratan dengan laut atau massa air lainnya dan bagian yang dapat pengaruh dari air tersebut. Jika dilihat dari definisinya, tentu saja pantai identik dengan tempat terbuka karena berbatasan dengan yang namanya laut. Namun, di Jepang ada pantai yang terletak di dalam sebuah ruangan, lengkap dengan pasir, dan juga ombak seperti pantai pada umumnya.

Pantai yang terletak di dalam ruangan ini bernama Seagaia Ocean Dome yang terletak di daerah Miyazaki, Kyushu.

Dengan berada di dalam pantai ini, pengunjung tidak akan merasakan sengatan sinar matahari maupun guyuran air hujan karena letaknya yang berada di dalam ruangan. Namun yang membedakan pantai ini dengan pantai pada umumnya, pantai indoor ini air ombaknya tidak mengandung garam. Di sini, ombak yang ada diatur menggunakan alat khusus. Ombak yang diatur, juga cocok digunakan untuk berselancar meski dalam ruangan tertutup. Tak hanya itu, Seaigaia Ocean Dome juga memiliki gunung berapi buatan yang dapat memuntahkan api palsu setiap jamnya.

Atap di Seagaia Ocean Dome ini juga bisa dibuka maupun ditutup dengan sendirinya. Luas dari pantai ini adalah 300×100 meter di dalam sebuah kubah. Lautnya mengirim sebesar 13.500 ton air yang menjadikan pantai ini dinobatkan sebagai pantai buatan terbesar di dunia. Pantai ini juga dihiasi dengan flora dan fauna laut buatan.

Untuk harga tiket masuk, dikenakan biaya sekitar USD 50 atau 774.600 rupiah untuk dewasa. Sementara itu baru tiket masuk, sedangkan untuk papan selancar maupun ban akan dikenakan biaya kembali sebesar USD 5 atau 77.460 rupiah sampai USD 10 atau 154.920 rupiah. Selain terdapat pantai, Seagia Ocean Dome juga menyediakan tempat perbelanjaan bagi yang ingin membeli oleh-oleh, lapangan golf dan tennis bagi yang suka olahraga, serta ada hutan hujan buatan bagi yang ingin merasakan sensasi alam yang lain selain pantai.

Selain Seagaia Ocean Dome, di Jepang juga ada pantai indoor lainnya di daerah Hokkaido bernama Mina-mina Beach.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena letaknya yang berada di daerah pegunungan. Namun, Mina-mina Beach sendiri memiliki peraturan yang lebih ketat dibanding Seagaia Ocean Dome. Di Mina-mina Beach, pengunjung yang memiliki tato tidak boleh berenang dan harus melapor dahulu kepada petugas di pantai, harus melepas sepatu dan menaruhnya di rak yang tersedia, dan harus memakai sandal yang telah disiapkan oleh petugas.

Di Mina-mina Beach, pengunjung yang telah membeli tiket akan dipinjamkan 2 buah handuk oleh petugas serta memiliki fasilitas toko pakaian renang bagi pengunjung yang tidak membawa baju renang dan ingin membelinya. Mina-mina Beach sendiri didirikan agar masyarakat Hokkaido dapat merasakan pantai meskipun berada di dataran tinggi dan saat musim dingin.

 

Penulis: Jacklyn Uly Manuela

Sumber:

https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4105503/keren-ada-pantai-indoor-di-jepang

https://www.diadona.id/travel/keren-di-jepang-ada-pantai-indoor-lengkap-dengan-pasirnya-200229u.html