Nama Motif Batik dan Asal Daerahnya!

Siapa yang tidak kenal dengan batik? Kain Indonesia ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009. Tak jarang batik dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dari pakaian sampai tas, kain batik merupakan ikon kultur Indonesia yang paling mudah untuk dikenali. Batik pun bermacam jenisnya sesuai dengan motif yang digunakan daerah asalnya. Apa saja motif batik yang bisa minasan kenali? 

  • Terang Bulan

Sumber: semarangpos

Motif yang satu ini berasal dari Pekalongan dan memiliki nama yang sama dengan makanan terkenal dari daerah tersebut. Apakah minasan bisa menebak namanya? Motif ini bernama “Terang Bulan”!

  • Parang

Sumber: seratkain

Motif di atas pasti sudah tidak asing lagi bagi minasan. Motif tersebut adalah motif “Parang” yang berasal dari masyarakat Solo dan Yogyakarta. Tahukah minasan kalau motif ini juga memiliki variasi? Jenis-jenis motif parang adalah parang rusak, parang klitik, parang slobog, dan parang barong.

  • Ulamsari Mas

Sumber: akurat.co

Apakah minasan bisa melihat ikan dan udang yang ada dalam motif di atas? Ikan dan udang tersebut adalah ciri khas dari batik “Ulamsari Mas” yang berasal dari Bali. Kedua gambar tersebut melambangkan salah satu mata pencaharian masyarakat Bali yaitu perikanan, loh!

  • Megamendung

Sumber: liputan6

Bentuk awan-awan yang menjadi gambar utama untuk pola batik ini benar-benar menggambarkan cuaca langit yang mendung. Maka dari itu tidak mengejutkan bahwa motif asal Cirebon ini memiliki nama “Megamendung” ya, minasan! 

Sekian saja perkenalan singkat beberapa nama motif batik terkenal dan daerah asalnya. Apakah minasan mengenal semua motif batik di atas?

 

Penulis: Elizabeth Amandeus V Suwanda (2602066852)