Seribu Keseruan di Kepulauan Seribu?

Sumber: https://www.merdeka.com/jabar/9-wisata-kepulauan-seribu-yang-cantik-dan-eksotis-sajikan-pesona-indah-bahari-kln.html

Siapa sih yang tidak pernah mendengar tentang Raja Ampat atau Nusa Penida? Tempat-tempat wisata tersebut memiliki ketenaran yang luar biasa  baik di ajang internasional maupun secara nasional. Namun, keindahan laut tidak hanya bisa dikunjungi di tempat jauh-jauh loh, minasan. Di Jakarta juga ada wisata laut yang tidak kalah kerennya. Nggak percaya? Ayo baca terus sampai habis artikel ini.

Kalau minasan ditanya tentang wisata laut di Jakarta, pasti terpikirkan tentang Ancol. Meski Ancol memang tempat wisata dengan pantai-pantai yang indah, ada tempat wisata laut lain yang bisa dicapai dari Pelabuhan Ancol yaitu Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam Provinsi DKI Jakarta. Meski bernama Kepulauan Seribu, ternyata kepulauan tersebut hanya memiliki lebih dari 110 pulau loh! Kepulauan Seribu dibagi menjadi dua kecamatan yaitu Utara (Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, dan Kelurahan Pulau Panggang) dan Selatan (Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan Pulau Untung Jawa). 

Pariwisata Kepulauan Seribu

1. Pulau Macan

Pulau Macan adalah salah satu pulau unik dengan konsep Eco-Resort dimana semua bangunannya dibuat dengan bahan ramah lingkungan serta menggunakan tenaga surya untuk mengenerasikan listrik. Destinasi Pulau Macan sangatlah cocok untuk visitor yang mencari suasana rileks dan hening. Tentu saja, Pulau Macan juga menyediakan fasilitas untuk snorkeling loh!

Sumber: Pulau Macan: An Island for Changing Your Mind | NOW! JAKARTA (nowjakarta.co.id)

2. Pulau Ayer

Pulau Ayer dahulu dikenal dengan julukan “Mutiara Kepulauan” yang sempat menjadi tempat peristirahatan pribadi Ir. Soekarno. Wisatawan dapat menikmati liburan mereka di floating cottage dan melakukan aktivitas seperti memancing, basket, voli, serta aktivitas air seperti surfing, banana boat, jet ski, dan lainnya. Menarik, bukan?

Sumber: Resort Pulau Ayer | AK Tour & Travel (aktourtravel.com)

3. Pulau Tidung

Rekomendasi destinasi yang terakhir adalah Pulau Tidung. Pulau ini mendapat nafkah dari wisata, terlihat dari banyak sekali villa maupun homestay yang ada di Tidung. Lokasi wisata terkenal Pulau Tidung yang berada di ujung pulau, yaitu Jembatan Cinta, dirumorkan kalau melompat dari jembatan ini bisa membuat pasangan langgeng. Dari Tidung ini wisatawan bisa memesan perahu untuk snorkeling di daerah Tidung maupun pada pulau-pulau lainnya. Tidung juga menawarkan aktivitas air bagi kalian yang lebih memilih beraktivitas di pantai.

Sumber: Open Trip Pulau Tidung | AK Tour & Travel (aktourtravel.com)

Nah  minasan, itulah beberapa informasi tujuan wisata yang bisa kalian kunjungi di Kepulauan Seribu. Bagaimana? Nggak kalah sama destinasi lainnya kan? Yuk, kunjungi destinasi lokal ini!

Penulis: Elizabeth Amandeus V Suwanda (2602066852)

Source:

Jakarta

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pulau Macan – Kepulauan Seribu Jakarta