Lawang Sewu, Keindahan Peninggalan Belanda

Sumber: beingindonesian.tumblr

Mina-san pasti pernah mendengar bangunan bersejarah bernama Lawang Sewu, bukan? Bangunan ini sempat menjadi viral beberapa tahun belakangan dikarenakan tempat ini menjadi salah satu lokasi uji nyali program Masih di Dunia Lain. Karena acara tersebut, Lawang Sewu menjadi salah satu wisata bersejarah yang ramai dikunjungi karena orang-orang penasaran akan kemistisan-nya.

Sebenarnya selain mistis, jangan lupa kalau lawang sewu sendiri memiliki nilai bersejarah, loh! Bangunan ini awalnya dibuat di tahun 1919 ini merupakan sebuah perkantoran di seberang Tugu Muda, di kota Semarang. Nama lawang sewu sendiri berarti ‘seribu pintu’.

Sumber: buletinindonesianews

Saking banyaknya pintu-pintu di bangunan ini, maka disebut sebagai lawang sewu. Namun pintu-pintu yang ada di bangunan ini jumlahnya hanya 429 buah. Pada masa sekarang, lawang sewu sudah menjadi tempat wisata bagi teman-teman yang mau mengunjungi wisata historikal ataupun memandang keindahan bangunan peninggalan Belanda ini. Mina-san bisa turut menyaksikan perjalanan sejarah gedung ini, dan juga sejarah perkeretaapian Indonesia.

 

Penulis : Geraldine Nicole Suryadjaja – 2501995250

Sumber :

https://heritage.kai.id/page/lawang-sewu

https://id.wikipedia.org/wiki/Lawang_Sewu