‘Shonen’ dan ‘Seinen’. Apa bedanya?

Shonen & Seinen adalah genre yang berbeda tetapi banyak orang berpikir bahwa kedua genre ini adalah genre yang sama. Emang perbedaanya apa sih? 

Perbedaan yang paling mencolok adalah batasan usia. Sementara Shonen lebih menargetkan penonton berusia 12-18 tahun, Seinen lebih menargetkan 19-50 tahun. Nah, makanya pada anime seinen lebih rentan berisi konten yang muatannya untuk dewasa.

Selain dari konten yang dewasa anime/manga seinen memiliki alur cerita yang lebih rumit dibandingkan anime/manga shonen. Seinen biasanya merupakan anime yang tidak dapat dimengerti atau dipahami hanya dengan sekedar “menonton”nya saja.

Anime shonen juga memiliki pola-pola yang yang pada umumnya sama dengan sesama anime shonen lainya atau dapat kita bilang “klise”. Sementara anime seinen tidaklah demikian, contohnya pasti ada momen dimana teman-teman pernah dapat menebak alur animenya shonen  seakan akan teman-teman dapat melihat masa depan.

Nah bagaimana? Kalian pasti sudah dapat membedakan lebih jelas lagi mengenai anime bergenre shonen dengan anime seinen bukan?

Penulis: Fourmando butar butar (2440075473)