Keiro no Hi

Mina-san, sudah tahukah? Di Jepang, selain perayaan Hari Ibu dan Hari Ayah, ada juga hari untuk penghormatan kepada orang lanjut usia (Keiro no Hi). Hari penghormatan orang lanjut usia merupakan gagasan  Kadowaki Masao, seorang kepala desa di Distrik Taka, Prefektur Hyogo. Keiro no Hi merupakan hari libur nasional yang diadakan setiap tanggal 15 September, tetapi sejak tahun 2003, Keiro no Hi diadakan pada hari Senin, minggu ke-3 bulan September. 

Hari spesial ini diperingati untuk lebih mencintai orang-orang lanjut usia yang telah bekerja keras untuk masyarakat. Salah satu aspek yang paling populer dari Keiro no Hi adalah makan siang. Banyak restoran dan tempat makan yang menawarkan makanan gratis hanya untuk orang tua yang dihormati, sedangkan bagi orang yang lebih muda harus membawa uang jika mereka ingin bersantap bersama dengan orang tua yang dicintainya. Tetapi, tidak ada makanan khas dari perayaan ini, sehingga orang tua sering memesan makanan favorit mereka.

Keiro no Hi mirip dengan perayaan hari ulang tahun, yaitu bagi orang muda untuk memberi hadiah kepada orang tua di keluarga mereka. Anak kecil sering membuat kerajinan tangan dan berbagai barang buatan tangan untuk diberikan kepada kerabat tua mereka, sedangkan orang dewasa lebih sering membeli hadiah dari toko. Keiro no Hi sering menjadi hari perjalanan yang sibuk di Jepang, banyak orang yang akan bepergian untuk mengunjungi kerabat tua mereka di panti jompo atau di daerah lainnya. Tetapi, bagi orang yang tidak lagi memiliki orang tua di keluarganya, mereka masih bisa merayakannya dengan menjadi relawan di pusat komunitas untuk menciptakan makan siang yang lezat bagi orang lanjut usia.

Karena Keiro no Hi selalu jatuh pada hari Senin, maka orang bisa menggunakan akhir pekan yang panjang untuk bepergian dan bersantai 

Demikian penjelasan mengenai Keiro no Hi, semoga artikel ini menambah wawasan para pembaca mengenai salah satu hari libur nasional Jepang.

 

Sumber : https://publicholidays.jp/respect-for-the-aged-day/

 https://cintahutan.wordpress.com/tag/lansia-keiro-no-hi-hari-libur-jepang/