Oda Nobunaga pada Budaya Modern

Oda Nobunaga, merupakan salah satu dari panglima perang Jepang yang sangat terkenal atas pengaruh nya pada masa Sengoku. Meskipun dia digambarkan sebagai panglima yang gagah dan bijak karena hampir dapat mempersatu Jepang pada masanya, sebenarnya bagaimana sih masyarakat moderen dengan padangan moderennya mengenal Oda Nobunaga?

Jika ditanyakan pada kebanyakan anak muda pada zaman sekarang maka dapat dipastikan mereka mengenal Oda Nobunaga sebagai salah satu karakter dari berbagai game yang ada dan yang paling mencolok ialah Sengoku Basara. Terkecuali bagi masyarakat Jepang banyak masyarakat moderen lainnya mengenal budaya Jepang tidak secara bersih melainkan hasil modifikasi. Salah satu bukti paling kuat dari budaya modifikasi ini ialah ketika Oda Nobunaga digambarkan sebagai karakter perempuan di game, anime, dan manga.

Dikarenakan media game dan pop-culture lebih cepat dan mudah diterima masyarakat modern, gambaran mengenai Oda Nobunaga dan bahkan karakteristiknya mulai terlihat buram. Oda Nobunaga disebut sebagai raja iblis, pembantai, dan manusia yang sangat kejam karena sebagaimana ditunjukan pada game.

Namun seperti apa sebenarnya Oda Nobunaga?
Seorang panglima yang hampir mempersatu Jepang dan meninggal karena dikhianati oleh rekan-nya. Seorang panglima yang sangat bijak dalam mengambil tindakan sehingga dapat menakklukan banyak panglima lainnya. Seorang panglima yang dapat mengalahkan shogunate Ashikaga.

Shogunate adalah kediktatoran militer turun-temurun Jepang (1192–1867). Secara hukum, shogun bertanggung jawab kepada kaisar, tetapi, ketika Jepang berevolusi menjadi masyarakat feodal, kontrol militer menjadi sama dengan kontrol negara.

Nyatanya Oda Nobunaga ialah seorang panglima yang sangat berambisi dan sangat ingin mencapai tujuan ataupun mimpinya. Demi itu, dia memiliki hasrat yang kuat disertai keinginan yang tak mudah pudar sampai Ia terus mengejar mimpinya dari kecil tanpa pernah melupakannya sampai akhir hidupnya.

Reff : https://www.celebrities-galore.com/celebrities/oda-nobunaga/home/

Nama : Fourmando Butar butar
NIM : 2440075473