Jokowi akan Menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi terbesar dunia di tahun 2045

Menginjak tahun ke-3 masa kepemimpinannya, Joko Widodo selaku Presiden RI menyatakan bahwa tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara terbesar ke-4 di dunia (Deny, 2017). Beliau berkata, bahwa hal ini tidak akan hanya sekedar menjadi sebuah target Indonesia belaka, karena pemerintah sejak dari tahun 2015 sudah sangat serius dalam menetapkan berbagai strategi guna mencapai keinginan tersebut. Pemerintah mengaku bahwa mereka sudah mempersiapkan strategi ekonomi Indonesia berupa membagi pola pembangunan ekonomi Indonesia menjadi 3 fokus pembagian. Adapun 3 fokus strategi yang dimaksud yaitu :

  1. Di tahapan 10 tahun pertama, fokus pemerintah akan mengutamakan perbaikan pembangunan infrastruktur Indonesia. Menurut Jokowi, hal ini sangat harus fokus diselesaikan dan diperbaiki dengan sangat baik karena beliau yakin hal ini bisa memperkuat daya saing antara Indonesia dengan produk luar negeri dengan cara menurunkann biaya seperti di listrik ataupun transportasi.
  2. Tahapan 10 tahun kedua berikutnya, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan fokus pada sistem pergerakan di sektor industri Indonesia. Strateginya, dengan mengekspor barang jadi ataupun barang setengah jadi. Sehingga tidak
  3. Menjadi negara Indonesia dengan industri jasa yang besar akan menjadi fokus pemerintah di tahap selanjutnya dalam tahapan 10 tahun ketiga. Jokowi sudah melihat bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat kuat dalam bidang pariwisata. Beliau mengatakan, bahwa Indonesia sedang memproses dan membangun sepuluh destinasi wilayah di Indonesia yang terbaru menawarkan destinasi pariwisata di Indonesia, seperti tempat wisata Layar Danau Toba Morotai dan Labuan Bajo. Menurut beliau, produksi industri jasa disana masih belum dikelola secara profesional dan beliau mengharapkan masuknya pengelola jasa industri. Misalnya dari segi penyediaan jasa industri makanan seperti restoran dan jasa industri penyedia “buah tangan” yang memang belum terlihat tampak profesionalitas di wilayah tersebut.

Pada akhirnya, Jokowi beserta seluruh pemerintahan percaya diri bahwa target untuk mencapai keberhasilan ekonomi ke-4 terbesar di Indonesia akan berjalan dengan baik dan dapat dicapai sesuai dengan batas waktu target yang telah ditetapkan. Menurut Presiden Indonesia ke-7 ini, target 2045 akan berhasil selama 3 strategi yang disebutkan di atas benar-benar dijalankan dengan sungguh-sungguh dan menjadi disiplin fokus pemerintah dalam hal membangun perekonomian Indonesia menjadi yang terbesar di level dunia.

Referensi :

Deny. S (2017). Jurus Pemerintah Bikin RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar di Dunia. Diambil pada 27 Maret 2017 melalui : http://m.liputan6.com/bisnis/read/2900842/jurus-pemerintah-bikin-ri-jadi-negara-ekonomi-terbesar-di-dunia

Sumber gambar, google.com

Elsa Wahyuni