Strategi Vietnam dalam Bersaing Melawan Negara Tetangga

Vietnam dengan GDP sebesar 193.599 juta USD pada tahun 2015, terus melakukan pembangunan dan pengembangan negaranya. (World Bank, n.d.)

     Seperti yang baru terjadi Kamis kemarin (23/3), Vietnam menginvestasikan 5.7% dari Produk Domestik Bruto (PDB)-nya untuk pembangunan infrastruktur dalam sektor publik dan swasta. Investasi ini menjadi investasi infrastruktur tertinggi di Asia Tenggara, dimana Indonesia dan Filipina hanya mengeluarkan sekitar 3% untuk investasi infrastukrur serta Malaysia dan Thailand hanya mengeluarkan kurang dari 2% (Ventura, 2017).

        Hal ini dilakukan Vietnam untuk meningkatkan perekonomian negaranya melalui investasi asing yang masuk dan menjadi salah satu negara perekonomian yang kuat di Asia. Ekonom Australia & New Zealand Banking Group di Singapura, Eugenia Victorino, juga berpendapat bahwa cara bersaing untuk mendapatkan investasi adalah dengan membangun infrastruktur (Ventura, 2017).

      Infrastruktur dalam suatu negara menjadi hal yang penting dalam proses keberlangsungan bisnis. Infrastruktur yang dimaksud bukan hanya sekedar jalanan namun termasuk transportasi, listrik, dan air bersih. Bayangkan saja jika suatu negara mempunyai kekurangan dibidang infrastruktur misalnya transportasi (jumlah transportasi yang sedikit dan transportasi umum yang kurang layak). Hal tersebut membuat orang sulit berpergian dari tempat satu ke tempat yang lain dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tempat tujuannya. Akibatnya, keterlambatan tibanya barang atau jasa, para pekerja sering hadir terlambat, yang menghambat efektivitas dan effisiensi kegiatan ekonomi.

      Oleh karena itu, infrastruktur menjadi satu hal penting dalam memajukan perekonomian. Dan apa yang dilakukan Vietnam adalah tepat dengan membangun infrastruktur akan menarik para investor untuk berinvestasi.

Referensi

Ventura, B. (2017, Maret 23). Vietnam Melesat dalam Perlombaan Infrastruktur di Asia. Retrieved from ekbis.sindonews.com: https://ekbis.sindonews.com/read/1190915/35/vietnam-melesat-dalam-perlombaan-infrastruktur-di-asia-1490252479

World Bank. (n.d.). Vietnam. Retrieved from data.worldbank.org: http://data.worldbank.org/country/vietnam

 

Florentina M. Chandra