Kolaborasi HIMHI dan BIRDS dalam Menyelenggarakan Pelatihan MUN 2024

Pelatihan Model United Nation (MUN) HIMHI x BIRDS

 

Jakarta, 18 Mei 2024Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) Binus University bekerja sama dengan Binus International Relations Dialectic Society (BIRDS) menyelenggarakan pelatihan Model United Nations (MUN) bertajuk “From Zero to MUN Hero”. Acara ini diadakan pada Sabtu, 18 Mei 2024, di Hall Binus Alam Sutera.

Pelatihan MUN ini merupakan sebuah seminar yang bertujuan memperkenalkan dan mengembangkan kemampuan diplomasi mahasiswa. Dengan tema “From Zero to MUN Hero”, acara ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan pemecahan masalah para peserta.

Acara ini diorganisir oleh HIMHI Binus University dan BIRDS. Peserta yang ditargetkan adalah mahasiswa Bina Nusantara serta masyarakat sekitar Binus/Jabodetabek, dengan total peserta sekitar 100 orang. Anastasya P. Putri K bertindak sebagai penanggung jawab, dengan Rhevy Adriade Putra S.I.P., M.A., Ph.D., bertindak sebagai penasehat acara.

Model United Nations (MUN) adalah simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berperan sebagai diplomat atau delegasi dari berbagai negara. Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam diplomasi, seperti public speaking dan pembuatan position paper.

Pelatihan ini terdiri dari beberapa segmen. Sesi pertama adalah perkenalan tentang MUN, termasuk pengertian, tujuan, manfaat, dan mekanisme sidang MUN. Sesi berikutnya adalah “Get to Know Your Country Stance & Position Paper 101”, yang memberikan pengetahuan dasar tentang posisi negara dan cara membuat position paper. Acara ini juga mencakup sesi debat kelompok kecil dengan topik “Refugee Crisis : Navigating US Border Crisis Against Mexico” untuk melatih peserta dalam diskusi dan penyelesaian isu-isu internasional.

Dengan pelatihan ini, HIMHI dan BIRDS berharap dapat membentuk generasi muda yang siap berpartisipasi dalam diplomasi internasional dan membawa perubahan positif bagi masa depan.

Evana