Tragedi Penembakan Gereja di Hamburg, Jerman

Tragedi Penembakan Gereja di Hamburg, Jerman

 

Pada Jumat, 10 Maret 2013 terjadi penembakan gereja di Hamburg, Jerman. Insiden ini terjadi tepatnya di Aula Saksi Yehuwa, distrik Gross Brostel, Hamburg,Jerman  pada pukul 21.00 waktu setempat. Diberitakan bahwa penambakan ini menyebabkan sejumlah orang terluka dan tewas. 

Kronologi 

Kegiatan ibadah di sebuah gereja saksi Yehuwa ini berubah menjadi insiden pertumpahan darah yang dikarenakan pelaku melakukan kegiatan penembakan massal. Polisi mengungkapkan bahwa pelaku merupakan mantan jemaat di gereja saksi Yehuwa, tetapi rasa keimanan pelaku berubah menjadi rasa kebencian yang menyebabkan pelaku melakukan tindakan penembakan massal terhadap jemaat lainnya di gereja saksi Yehuwa. 

Pria yang berasal dari Jerman yang berusia 35 tahun yang merupakan pelaku  dalam aksi penembakan massal tersebut menggunakan pistol semi-otomatis yang sudah dimiliki nya sejak Desember 2022, hal ini diungkapkan langsung oleh jaksa negara Hamburg ketika melakukan konferensi pers bersama polisi pada hari Jumat sesuai waktu di Hamburg. Menteri dalam negeri Jerman, Andy Grote menyatakan bahwa setelah polisi datang, pelaku langsung kabur ke lantai pertama gedung  gereja saksi Yehuwa dan dia langsung melakukan bunuh diri.

Kejadian penembakan massal di gereja saksi Yehuwa ini bukan merupakan satu satunya kejadian penembakan massal yang baru terjadi di negara Jerman. Pada Februari 2020, terdapat kejadian penembakan massal di kota Hanau, Jerman, yang menyebabkan sembilan orang terbunuh termasuk di dalam nya terdapat migran yang berasal dari Turki. Pelaku dari kejadian penembakan massal ini juga melakukan aksi bunuh diri setelah membunuh korban jiwa. Kejadian penembakan massal di Jerman juga terjadi pada Oktober 2019 lalu tepatnya terletak di kota Halle, Jerman. Kejadian penembakan massal ini juga menyebabkan dua orang korban jiwa terbunuh.

Dengan banyaknya aksi penembakan massal yang terjadi di Jerman dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Dalam Negeri Jerman memperketat aturan terkait penggunaan senjata. Aturan tersebut mengatur mengenai penyimpanan senjata yang aman dan juga individu yang mempunyai senjata diharuskan mempunyai kondisi kesehatan psikologis yang baik, selanjutnya Individu yang mendapatkan izin untuk memiliki senjata juga harus lebih dari usia 18 tahun dengan catatan kriminal yang bersih sesuai dengan persyaratan hukum.

Korban dan Tersangka 

Insiden ini tidak hanya menyebabkan beberapa orang terluka namun juga memakan korban jiwa. Menurut surat kabar Tempo, memberitakan bahwa ada sekitar tujuh orang korban tewas dan ada delapan orang mengalami luka-luka akibat dari insiden tersebut. Seperti yang dilansir Kompas, ada seorang jemaat perempuan yang sedang hamil dengan usia kehamilan tujuh bulan yang juga menjadi korban terluka dan menyebabkan bayi yang berada di dalam kandungan nya tidak selamat akibat aksi penembakan massal tersebut.

 

Tersangka telah berhasil diidentifikasi oleh pihak kepolisian. Tersangka diberitakan sebagai seorang penduduk Jerman, berjenis kelamin pria, berumur 35 tahun, dan bernama Phillips F. Menurut pihak kepolisian, tersangka melakukan bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri sebelum polisi sampai di tempat kejadian. Tersangka sendiri adalah pemilik senjata api yang legal dan berlisensi. Tersangka juga tercatat pernah diinvestigasi apakah dia boleh untuk memiliki senjata tersebut. Namun, tersangka tidak pernah melanggar peraturan yang ada. 

 

Referensi 

Bimo, E. S. (2023, Maret 11). Kronologi Penembakan Massal Pusat Saksi Yehuwa di Hamburg Jerman, Tewaskan 6 Orang. Kompas TV. https://www.kompas.tv/article/386694/kronologi-penembakan-massal-pusat-saksi-yehuwa-di-hamburg-jerman-tewaskan-6-orang 

 

CBS Evening News. (2023, Maret 11). 6 killed, including unborn child, in Jehovah’s Witness hall shooting in Germany. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=GMn7gVJlzGo 

 

Fernando, C. (2023, Maret 10). Suspect identified in Jehovah’s Witnesses hall shooting that killed 6 people in Germany. USA Today. https://www.usatoday.com/story/news/world/2023/03/10/germany-jehovahs-witnesses-hall-shooting-suspect-identified-fatalities/11442551002/ 

 

Yanuar, Y. (2023, Maret 10). Penembakan di Gereja Saksi Yehuwa Jerman, 7 Orang Tewas. Dunia Tempo.co. https://dunia.tempo.co/read/1700841/penembakan-di-gereja-saksi-yehuwa-jerman-7-orang-tewas 

 

Author:

  • Sannie Tanzil | Staff of Journalist Team
  • Nursoko Andhika Setiawan | Staff of Journalist Team

Editor:

  • Joey Susilo | Head of Journalist and Reporter Team
IRB News - Journalist Team