Ketua DPR AS datang ke Taiwan, Tiongkok Berang

 Photo by David Smith from the Guardian.

        2 Agustus 2022, ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengunjungi Taiwan. Kunjungan ini menyebabkan Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari negaranya. berang. Kunjungan Nancy menyebabkan hubungan Amerika dengan Tiongkok dalam fase tegang yang pada akhirnya dapat mengarah ke peperangan. 

Nancy Pelosi berdalih bahwa kunjungannya adalah sebuah perjuangan global antara pemerintahan autokrasi, Tiongkok, melawan Amerika Serikat dan Taiwan yang berlatar belakang demokrasi. Nancy Pelosi juga merupakan orang yang gemar mengecam Tiongkok karena dianggap telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia ,”Nancy Pelosi adalah pembela kuat Taiwan dan kritikus pelanggaran hak asasi manusia China. Selama kunjungan itu, dia menunjuk pada persaingan global antara otokrasi dan demokrasi, tema favorit Joe Biden, dan mengatakan kepada wartawan di Taipei: “Kami tidak dapat mundur dari itu.” (Smith, David. Pelosi’s ‘reckless’ Taiwan visit deepens US-China rupture – why did she go?. The Guardian). Bisa disimpulkan bahwa kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan adalah upayanya untuk mendukung Taiwan dalam kampanye  melawan Tiongkok. 

Tetapi kunjungan Nancy hanya membuat Tiongkok marah. Sebagai respon dari kunjungan Nancy Pelosi, Tiongkok mengadakan latihan militer di sekitar Taiwan. Latihan direncanakan akan diadakan sampai hari minggu,  7 Agustus 2022. Tetapi sampai sekarang ,Tiongkok tidak menunjukan kalau latihan militer tersebut akan dihentikan. Tiongkok malah berencana mengadakan Militer di sekitar Taiwan sehingga negara itu ,”Media pemerintah China mengatakan bahwa latihan untuk mensimulasikan “blokade” udara dan laut di sekitar Taiwan telah dimulai Rabu (Lendon, Brad. China fires missiles near Taiwan in live-fire drills as the PLA encircles the island. CNN). Tentara Pembebasan Rakyat atau PLA Tiongkok juga meluncurkan misil ke timur-laut dan barat-daya Taiwan sebagai balasan atas kunjungan Nancy Pelosi ,”China menembakkan beberapa rudal ke perairan dekat timur laut dan barat daya Taiwan pada hari Kamis, kata Kementerian Pertahanan Taiwan, saat Beijing memenuhi janjinya bahwa Taipei akan membayar akibat menjamu Ketua DPR AS Nancy Pelosi”,(Lendon, Brad. China fires missiles near Taiwan in live-fire drills as PLA encircles the island. CNN)

Denah lokasi latihan Militer Tiongkok. Foto dari DailyMail.

 

Peta peluncuran misil oleh Tiongkok ke Taiwan. Foto oleh Duang Dong dari Taiwan News. co

 

Dari semua respon Tiongkok terhadap kunjungan Nancy Pelosi ini bisa disimpulkan bahwa apa yang ketua DPR AS lakukan akan berdampak pada hubungan Tiongkok dengan Amerika Serikat yang renggang dan dapat menuju peperangan. 

 

Author: Dimas Rasyid Aliansyah

Editor: Sarah Putri Haryadi, Hafsyah Azzahra, Jennifer Clara Aprilia & Viranty Yulia Putri

 

Referensi:

Lendon, Brad. “China Fires Missiles near Taiwan in Live-Fire Drills as PLA Encircles Island.” CNN, Cable News Network, 4 Aug. 2022, https://edition.cnn.com/2022/08/04/asia/china-taiwan-military-exercises-intl-hnk-ml/index.html.

Everington, Keoni. “Map Shows Paths of Chinese Missiles Fired around Taiwan on Day 1: Taiwan News: 2022-08-05 13:07:00.” Taiwan News, Taiwan News, 5 Aug. 2022, https://www.taiwannews.com.tw/en/news/4617119.

John, Chris. “27 Chinese Warplanes Enter Taiwan Air Defence Zone after Pelosi Visit.” Daily Mail Online, Associated Newspapers, 3 Aug. 2022, https://www.dailymail.co.uk/news/article-11075913/Pelosi-visit-Taiwan-Chinese-military-drills-surround-island.html.

Anderson, David .“Pelosi’s ‘Reckless’ Taiwan Visit Deepens US-China Rupture – Why Did She Go?” The Guardian, Guardian News and Media, 7 Aug. 2022, https://www.theguardian.com/us-news/2022/aug/07/nancy-pelosi-taiwan-china-visit-military.

Dimas Rasyid Aliansyah (IRB News - Peace & Conflict)