Mengenal Makanan Khas Masyarakat Indonesia Timur, Papeda.

     Dewasa ini, sudah banyak makanan khas Indonesia yang kita ketahui, seperti rendang dari Sumatera Barat, gudeg dari Yogyakarta, atau kerak telor yang berasal dari Betawi. Selain makanan-makanan tersebut, ada satu makanan khas Maluku dan Papua yang juga tidak kalah menarik dan lezat. Berkenalan dengan papeda, makanan pokok masyarakat Maluku yang terbuat dari tepung sagu. 

     Bagi masyarakat Maluku, papeda merupakan makanan pokok yang dihidangkan dengan kuah ikan kuning. Papeda dibuat dengan cara mencampurkan sagu dan air panas yang kemudian harus di aduk-aduk menggunakan sumpit atau bambu. Sebelum dicampurkan dengan air panas, tepung sagu harus di rendam terlebih dahulu selama 15 menit.  Sedangkan ikan pada kuah kuning dapat digoreng maupun dibakar yang lalu dicampurkan menjadi satu. Papeda dan kuah ikan kuning dengan sambal menjadi perpaduan yang pas, sehingga tidak perlu menambah lauk atau makanan tambahan lain. 

     Cara untuk menyantap papeda memerlukan cara tersendiri, dikarenakan teksturnya yang lengket seperti lem. Bagi masyarakat Indonesia Timur, khususnya di  Papua, mereka wajib menggunakan hiloi atau garpu besar. Selain hiloi, bisa juga menggunakan sumpit atau garpu di kedua tangan lalu digulung-gulung dan disajikan di piring. Selain cara penyajiannya yang unik, bagi masyarakat Sentani, ada tradisi yang disebut helai mbai hote mbai yang berarti satu. Tradisi ini dilakukan oleh satu keluarga dengan menyantap papeda menggunakan helai dan hote yang merupakan peralatan tradisional daerah tersebut. 

     Papeda di berbagai daerah di Indonesia Timur disajikan pada upacara adat yang berbeda-beda. Contohnya pada upacara adat Watani Kame di Papua, yang merupakan upacara menandai berakhirnya siklus kematian seseorang, dan pada upacara kelahiran anak pertama di daerah Inanwatan yang menjadi makanan wajib. Sedangkan bagi masyarakat Maluku, papeda merupakan makanan pokok selain nasi. Selain cara penyantapan dan kegunaannya dalam acara-acara adat tertentu, papeda sendiri memiliki banyak khasiat dan manfaat, seperti kaya akan serat, protein, karbohidrat, dan bernutrisi. 

     Itulah salah satu makanan khas dari Indonesia Timur, papeda, yang unik, memiliki ciri khasnya sendiri dan tidak kalah menarik dari makanan-makanan khas daerah lain di Indonesia. Walaupun begitu, papeda masih sulit untuk ditemukan di Jakarta, hanya ada di beberapa tempat saja. 

Sumber:

Ibo, A. (n.d.). Papeda, Kuliner Unik dari Indonesia Timur. Retrieved from Indonesia Kaya: https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/papeda-kuliner-unik-dari-indonesia-timur/

Indonesia, T. E. (2021, March 13). 5 Fakta Unik Papeda Sajian Khas Papua. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210312120800-262-616646/5-fakta-unik-papeda-sajian-khas-papua

Administrator. (2019, January 11). Papeda, Kudapan Khas yang Kaya Manfaat. Retrieved from Indonesia.go.id: https://indonesia.go.id/ragam/kuliner/ekonomi/papeda-kudapan-khas-yang-kaya-manfaat

HIMHI