Kebangkitan Animasi Cina

Animasi-animasi dunia yang selama ini kita ketahui di dominasi oleh belahan dunia bagian barat. Hanya ada 1 negara Asia yang memiliki peran cukup besar dalam dunia animasi, yaitu Jepang. Negara matahari terbit tersebut sangat terkenal dengan Manga atau komik yang biasa nya menjadi sumber adaptasi untuk menjadi animasinya yaitu Anime. Namun siapa sangka, muncul saingan baru untuk para kreator Jepang yang sudah amat terkenal. Tantangan tersebut datang dari negara Tirai Bambu yang sejak tahun 1993 mulai mendapatkan kejayaan nya untuk bersaing dengan animasi-animasi dunia.

Animasi Cina kini memasuki era baru berdasarkan perkembangan komik online dan platform video. Sebagai pembuktian, salah satu animasi Ne Zha berhasil masuk menjadi salah satu nominasi Oscar di tahun 2020 dalam kategori Best International Feature Film. Animasi 3D Garapan sutradara Yang Yu ini meraup keuntungan sebesar 694 juta dollar AS atau setara kurang lebih 9,8 triliun rupiah.

Pada bulan Oktober 2020 di Huangzhou diadakan  festival animasi dan kartun oleh China International Cartoon & Animation Festival (CICAF). Terdapat hamper sebanyak 1000 karya animasi bersaing untuk mendapatkan Golden Monkey King Award, semacam Oscar untuk animasi di Cina. Festival ini seakan tak ingin kalah dengan festival-festival animasi di Jepang, CICAF juga menghadirkan begitu banyak cosplay-cosplay bergaya Cina yang datang dari berbagai macam negara.

 

Refrensi

https://tekno.tempo.co/read/1125090/kebangkitan-animasi-di-cina-banyak-seniman-sempat-banting-setir/full&view=ok

https://www.antaranews.com/berita/1102256/film-animasi-ne-zha-wakili-china-untuk-oscar-2020

https://www.antaranews.com/berita/1772233/hangzhou-gelar-festival-kartun-dan-animasi-internasional

https://news.cgtn.com/news/2020-09-29/Live-A-tour-of-creativity-at-China-s-top-animation-festival-UbmOEBYpkk/index.html