LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

Setiap tahun HIMHI membuat program kerja mengenai LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) dan di tahun 2019, HIMHI membuat LDK ditanggal 7-9 April 2019. LDK ini ditujukan kepada aktivis HI yang ingin bergabung dalam HIMHI. Setiap masyarakat HI BINUS yang ingin bergabung dalam kepengurusan HIMHI, harus mengikuti LDK terlebih dahulu dan akan menyandang status aktivis kemudian harus berkontribusi selama setahun dengan status aktivis. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan utama agar setiap masyarakat HI BINUS yang ingin berkontribusi di HIMHI, sudah terlebih dahulu mengerti proker dan memahami sistem kerja yang ada di HIMHI.

LDK ditahun ini, HIMHI mengangkat sebuah tema yang berhubungan langsung dengan pembangunan sifat kepemimpinan dalam kelompok atau komunitas dengan tema yang diusung oleh HIMHI adalah Republik Negara HIMHI. Tujuan dari tema yang diangkat oleh HIMHI yaitu untuk membentuk karakter secara individu dari setiap peserta, pembentukan nilai-nilai yang ada dalam negara seperti gotong royong, persatuan, kebersamaan, dan keberanian untuk mengemukakan opini.

Selain itu tahun ini HIMHI mencoba konsep keberangkatan peserta yaitu Amazing Race, disini peserta tidak akan menggunakan kendaraan yang biasanya disediakan dari kampus, melainkan harus berjuang sendiri menuju lokasi tujuan. Konsep ini dapat diartikan dengan bergerilyadimana masing-masing peserta di dalam kelompok yang sudah ditentukan harus mengatur strategi dan berjuang untuk sampai lebih dulu di lokasi LDK. Konsep ini bertujuan untuk melatih teamwork, kedisiplinan, charachter building, tanggung jawab dan kemandirian.

Sesampainya di lokasi LDK peserta akan masuk ke dalam Republik Negara HIMHI yang terbagi menjadi 3 kelas  dimana terdapat perbedaan dari setiap kelas. Perbedaan setiap kelas ini bertujuan untuk melatih kerja secara individu dan kelompok, melatih kepemimpinan dan tanggung jawab, sertamembangun soft skill per individu. Konsep yang dipakai oleh HIMHI mengenai LDK 2019 sama dengan konsep LDK 2018.