Danau Toba Akan Dibangun Hotel Bintang Lima

Sumber: travel.tribunnews.com

 

Rencana pembangunan hotel bintang lima di Danau Toba sudah ada sejak tahun 2017. Pembangunan hotel ini akan memakan waktu sekitar 2–3 tahun kedepan. Badan Otoritas Danau Toba mengatakan bahwa akan ada lima investor yang akan membangun hotel bintang lima tersebut, tiga diantaranya berasal dari Indonesia yang telah bekerjasama dengan pihak internasional dan diketahui sudah memiliki hotel. Nilai investasi dari para investor mencapai Rp2,5 Triliun, dengan rata-rata investasi Rp500 Miliar, dan uang tersebut diarahkan untuk membangun infrastruktur di Danau Toba, termasuk hotel bintang lima.

Menurut Badan Otoritas Danau Toba (BODT), Ari Prasetyo, akan ada sekitar 5–10 hotel yang akan dibangun. Bentuknya tidak akan berbeda jauh dengan Nusa Dua, Bali. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan fasilitas atau paket yang disediakan untuk para wisatawan seperti paket tiga hari dua malam dengan harga 300 Dollar Singapura.

BODT juga akan menawarkan pihak investor untuk menyewa lahan dalam bentuk Hak Guna Bangunan selama 30 tahun. Selain pembangunan hotel, juga akan ada pembangunan sekolah internasional, lapangan golf, dan rumah sakit. Sisa lahan yang ada nantinya, akan dibangun área untuk penjual makanan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), galeri lukisan dan kerajinan, spa, atau untuk penyelenggaraan budaya.

Adanya infrastruktur baru di sekitar Danau Toba, akan memperkuat pariwisata di Danau Toba. Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung pun juga dinilai menarik wisatawan lokal dan mancanegara, dengan kapal bermuatan 700 wisatawan, mampu memberikan pemandangan indah di Danau Toba. Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengapresiasi masuknya investor di Danau Toba, untuk memajukan Danau Toba yang sangat membutuhkan infrastruktur dan membantu perekonomian masyarakat.

 

Referensi

Anonim. 2018. “Lima Investor Bakal Bangun Hotel Berbintang di Danau Toba”. (https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180921153941-92-332107/lima-investor-bakal-bangun-hotel-berbintang-di-danau-toba, diunduh pada tanggal 28 September 2018, Pukul 11:29 WIB)

Aprilyani, Jane. 2018. “Danau Toba Dilirik Tiga Investor Resor Lokal”. (https://nasional.kontan.co.id/news/danau-toba-dilirik-tiga-investor-resor-lokal, , diunduh pada tanggal 28 September 2018, Pukul 11:30 WIB)

Wem. 2018. “Investor Siap Bangun Hotel Bintang 5 di Danau Toba”. (https://breakingnews.co.id/read/investor-siap-bangun-hotel-bintang-5-di-danau-toba, diunduh pada tanggal 28 September 2018, Pukul 11:35 WIB)

 

 

Reporter     : Elsa Louserna             | IRB NEWS

Editor         : Intan Fatona               | IRB NEWS