Kelanjutan Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara Bergantung kepada Amerika Serikat

 

IRB NEWS – Selasa (18/9) lalu, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dengan hangat menyambut kedatangan Presiden Korea Selatan, Moon Jae In untuk pertemuan kenegaraan yang ketiga pada tahun ini.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden Moon Jae-in menegaskan kembali sikap Korea Selatan terhadap keputusan Korea Utara dalam melakukan denuklirisasi dan sebagai penengah antara hubungan Korea Utara dengan Amerika Serikat (AS). Beliau juga berharap dikemudian hari, pertemuan kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un akan terjadi secepatnya. (Griffiths, 2018)

Presiden Trump telah memberikan pujian kepada Moon Jae In setelah berhasil melakukan pertemuan damai dengan Kim Jong Un, Presiden Moon juga telah berjanji akan menyampaikan surat pribadi dari Kim Jong Un untuk Presiden Trump pada Rapat Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan diselenggarakan minggu ini.

Namun dalam hal tersebut, Presiden Moon juga diharapkan tidak salah dalam mengambil langkah perdamaian dengan Kim Jong-un, mengingat hubungan Korea Utara dengan AS masih belum stabil. Jika Presiden Moon tidak menghasilkan kemajuan dalam keputusan denuklirisasi Korea Utara, hal tersebut dapat membuat AS bergejolak. (Fuchs, 2018)

Dikutip dari CNN, Presiden Moon menyatakan bahwa, “Perjanjian perdamaian antara Korea Utara dan Amerika Serikat akan ditanda tangani setelah Korea Utara berhasil menyelesaikan program denuklirisasinya.”

Sementara itu Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un beserta para Ibu negara telah mengunjungi Gunung Paektu, gunung yang dianggap penting dalam sejarah dan kebudayaan Korea. Presiden Moon juga telah menjadi presiden Korea Selatan pertama yang berhasil menginjakkan kakinya di Gunung Paektu yang berlokasi wilayah Korea Utara.

 

 

REFERENSI

Fuchs, M. H. (2018, September 2018). Opinion: The Guardian. Retrieved from The Guardian Web site: https://www.theguardian.com/commentisfree/2018/sep/19/south-korea-north-korea-nuclear-tensions-trump

Griffiths, J. (2018, September 20). CNN Politics. Retrieved from CNN Web site: https://edition.cnn.com/2018/09/20/politics/moon-kim-korea-peace-trump-intl/index.html

 

Reporter: Rona Nabila                                 | IRB NEWS

Editor    : Elsa Louserna Novia Anggraita | IRB NEWS