BENCHMARKING HERBS (HIMFOODTECH RELATION BUILDING): KEGIATAN ONLINE STUDI BANDING ANTARA HIMFOODTECH BINUS DENGAN HMITP BAKRIE

BENCHMARKING HERBS (HIMFOODTECH RELATION BUILDING): KEGIATAN ONLINE STUDI BANDING ANTARA HIMFOODTECH BINUS DENGAN HMITP BAKRIE

Oleh:

Evelyn Vania – 2501984581

Monica Audrey – 2540126714

Nyoman Intaran – 2501993604

Salsa Maysura – 2501991100

HIMFOODTECH (Himpunan Food Technology) Binus University mengadakan HERBS (HIMFOODTECH Relation Building) yang ke 3 pada tanggal 28 Mei 2022 bersama dengan HMITP (Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan) Universitas BAKRIE. Kegiatan HERBS ini merupakan kegiatan benchmarking atau studi banding yang dilakukan bersama dengan universitas lain jurusan food technology. Seperti HERBS yang dilaksanakan pada tahun lalu, HERBS kali ini juga dilaksanakan secara online karena masih berlangsungnya pandemic Covid-19.

Acara HERBS yang ke 3 ini dibuka dengan dua pembawa acara dari HIMFOODTECH Binus University, yaitu Natalia Devi dan Vanessa Setiaanggara, lalu dilanjutkan dengan doa yang dibawakan oleh Nathania Jasmine sebagai perwakilan dari HIMFOODTECH Binus University. Setelah doa, acara ini dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua acara HERBS, yaitu Stefanny Liu. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Erica Fidelia sebagai ketua umum HIMFOODTECH Binus University 2022/2023. Setelah kata sambutan dari ketua umum HIMFOODTECH Binus University, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Universitas Bakrie. Seharusnya kata sambutan ini disampaikan oleh Khansa Syahidah sebagai ketua umum HMITP Universitas Bakrie 2021/2022. Namun, kata sambutan ini diwakilkan oleh Apriliani sebagai bendahara HMITP Universitas Bakrie karena ketua umum sedang berhalangan.

Gambar 1. Penyampaian kata sambutan oleh Stefanny Liu selaku Ketua Acara Benchmarking

Gambar 2. Penyampaian kata sambutan oleh Erica Fidelia selaku Ketua Umum HIMFOODTCEH Binus 2022/2023

Gambar 3. Penyampaian kata sambutan oleh Apriliani selaku Bendahara Umum HMITP

Gambar 4. Pemaparan materi dari HIMFOODTECH Binus

Setelah acara pembukaan dan kata sambutan dilaksanakan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari perwakilan masing-masing divisi HIMFOODTECH. Dengan urutan pertama divisi DPI umum, Erica Fidelia, Aisyah Awanda, dan Evie Wilona menjelaskan mengenai visi-misi HIMFOODTECH, struktur kepengurusan, dan dilanjutkan dengan program kerja dari HIMFOODTECH. Setelah itu dilanjutkan oleh keempat divisi menjelaskan mengenai proker dari masing-masing divisi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan games guess the food, yaitu permainan tebak kata yang akan ditampilkan pada screen yang jawabannya nanti akan berkaitan dengan nama makanan.

Gambar 5. Sesi Ice Breaking dibawakan oleh MC

Games tebak gambar makanan yang telah dilakukan ini menyegarkan kembali semangat peserta. Setelah itu, peserta kembali menyimak pemaparan materi dari HMITP Bakrie yang dibawakan oleh ketua dari seluruh divisi HMITP Bakrie. Rasa penasaran peserta akhirnya sedikit demi sedikit terpenuhi dengan adanya pemaparan materi ini baik dari struktur ataupun program kerjanya. Tidak lupa, Saudari Khansa sebagai ketua HMITP Bakrie juga menyampaikan sepatah dua patah kata untuk menutup pemaparan materi dari setiap divisi. Nah, untuk menambah wawasan dan mempererat hubungan antara HIMFOODTECH dan HMITP, selanjutnya dilakukan sesi sharing dan diskusi antara HIMFOODTECH dan HMITP di breakout room yang telah disediakan oleh panitia.

Gambar 6. Pemaparan Materi oleh Denisa Rakhel selaku Sekretaris I HMITP Bakrie 2022/2023

Gambar 7. Sesi sharing dan Diskusi antara HIMFOODTECH dan HMITP 

Setelah sesi sharing dan diskusi menyenangkan dilakukan dalam ruang-ruang Breakout Room, seluruh peserta datang kembali ke ruang utama pertemuan Zoom Meeting dan acara tersebut dilanjutkan dengan sebuah games kahoot yang berkaitan besar dengan struktur organisasi dan program kerja Himpunan HIMFOODTECH Binus serta Himpunan HMITP Bakrie yang telah disampaikan sebelumnya.

Gambar 8. Sesi Kahoot Mengenai HIMFOODTECH dan HMITP

Setelah permainan kahoot yang tegang selesai, hampir tidak terasa bahwa acara Benchmarking tersebut telah mendekati akhir. Sesi foto dalam rangka penyerahan plakat sebagai kenangan acara Benchmarking Binus X Bakrie dan sesi foto bersama dilakukan. Acara Benchmarking tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Nathania Jasmine. Terima kasih banyak kepada HMITP Universitas Bakrie yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya untuk ikut dalam acara Benchmarking ini. Salam sukses untuk HIMFOODTECH Binus, HMITP Universitas Bakrie, dan seluruh peserta yang telah mengikuti acara Benchmarking ini. Sampai jumpa di acara Benchmarking berikutnya! Ditunggu ya, teman-teman!

Gambar 9. Penyerahan Plakat antara HIMFOODTECH dengan HMITP Bakrie

Gambar 10. Sesi dokumentasi

i