COFFEE 6.0 – LATTE (Let’s Play and Party Together)

Ulang tahun identik dengan perayaan dan acara untuk memperingati hari jadi tersebut. Kami sebagai organisasi HIMFOODTECH juga merayakan HUT HIMFOODTECH sebagai bentuk ucapan syukur atas bertambahnya usia yang ke keenam dan dengan diadakannya acara ini diharapkan tali silahturahmi antar aktivis dan pengurus dapat semakin erat ditengah pandemi yang menghambat aktivitas tatap muka mahasiswa. momen ini kami manfaatkan untuk meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar anggota HIMFOODTEH dalam mencapai visi, misi dan tujuan himpunan. Perayaan ulang tahun HIMFOODTECH kali ini bertajuk “COFFEE 6.0 – LATTE (Let’s Play and Party Together).” Meskipun perayaan ini masih berlangsung secara virtual daring, tetapi makna kedekatan, kebersamaan masing-masing anggota dapat diwujudkan dalam acara ini.

Gambar 1. Pembukaan Oleh MC

Acara COFFEE 6.0 dilakukan secara online melalui wadah Zoom meetings selama acara berlangsung. Acara ini berlangsung selama 3 jam pada tanggal 13 April 2022 bertepatan dengan ulang tahun HIMFOODTECH. Beberapa minggu sebelum menjelang acara perdana COFFEE 6.0, HIMGOOFTECH juga telah mengadakan games dan lomba di akun Instagram @himfoodtechbinus. Lomba yang diadakan berupa TikTok Challenge dengan membuat video TikTok mengenai a day in my life as HIMFOODTECH student, “Here’s my photo”, dan “Tell me your wish”. Banyak peserta dan panitia yang sudah ikut meramaikan acara dengan sharing pada kolom komentar mengenai pengalaman yang dirasakan selama berada di HIMFOODTECH, serta penyampaian harapan dan ucapan selamat ulang tahun kepada HIMFOODTECH yang telah berusia ke-6.

Acara COFFEE 6.0 dimulai di ruang Zoom kemudian acara dibuka dengan sambutan hangat dari kedua MC yaitu Eunike dan Angelina yang menjelaskan mengenai tema cara dan sneak peek dari kegiatan yang akan berlangsung hari itu. Kemudian, acara dilanjutkan dengan doa pembuka diikuti dengan pemberian kata sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh ketua HIMFOOCTECH 2021, Anselmus Sindhu, yang mengucapkan harapan kedepannya untuk HIMFOODTECH dan terimakasih atas kerja keras aktivis dan pengurus HIMFOODTECH selama ini. Berikutnya, rangkaian penyambutan diikuti dengan salam dari Erica Fidelia selaku ketua HIMFOODTECH 2022 dan Fiorent Valencia selaku ketua acara COFFEE 6.0. Terakhir, kata sambutan disampaikan dari perwakilan dosen yakni Ibu Diana Lo, S.TP, M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan akan harapannya bagi HIMFOODTECH agar dapat semakin berkembang, dewasa, dan dapat menjadi role model bagi himpunan mahasiswa lainnya.

Gambar 2. Sambutan Ketua Acara

Setelah mendengar kata sambutan, maka acara akan dilanjutkan dengan memasuki sesi Ice Breaking. Ice breaking yang pertama ini terdapat 3 buah permainan. Pertama ada permainan what food is this dengan clue gambar-gambar yang berkaitan dengan makanan. Pada permainan ini mungkin cukup membingungkan, karena terdapat struktur senyawa kimia yang menjadi tantangan besar untuk menebak makanan apa yang terdapat struktur tersebut. Selanjutnya permainan kedua, yaitu guess the song. Permainan kedua ini menjadi pemecah keheningan yang ada di ZOOM. Peserta antusias dan dengan cepat memberikan reaction-nya dengan mengangkat tangan . Setelah bermain  tebak lagu maka selanjutnya kita memasuki permainan terakhir yaitu guess the face of the character. Permainan ini akan menebak nama karakter dari film-film kartun yang telah diberi clue. Permainan ini mendapat antusias yang banyak yang terlihat dari para peserta sudah mulai raise hand untuk memberikan jawabannya. Setelah berakhirnya sesi ice breaking, sesi selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian wish untuk HIMFOODTECH yang diwakilkan harapannya oleh Erica Fidelia selaku Ketua HIMFOODTECH, perwakilan dari mahasiswa aktif: Calvin Arnoldi, Pak Donal sebagai perwakilan dari dosen, dan Natasha sebagai alumni HIMFOODTECH. Sesi penyampaian wish dilanjutkan dengan penampilan video performance yang dipersembahkan oleh dosen food technology dengan para panitia yang menyusun acara coffe 6.0. Para dosen food technology menyampaikan performance berupa nyanyian lagu happy birthday dan dilanjuti dengan wish wish yang disampaikan oleh setiap dosen. Video performance para panitia berupa penyampaian wish secara bergantian antara setiap panitia dan diakhiri dengan ucapan happy birthday oleh setiap divisi.

Setelah ditampilkan video performance, dilakukan peniupan lilin sebagai puncak acara dari acara coffee 6.0 ini. Peniupan lilin dilakukan secara virtual dengan di share screenkan platform yang digunakan untuk peniupan lilin. Peniupan lilin dilakukan oleh beberapa perwakilan dari dosen, mahasiswa, dan alumni. Sesi ice breaking kedua dimulai setelah ishoma selesai. Ice breaking kedua adalah Pose!, game ini menujuk salah satu anggota menjadi komando untuk memberikan aba-aba dan pose komando harus berbeda dari anggota lain agar mendapatkan poin. Game ini membuat peserta bersemangat lagi untuk mengikuti rangkaian acara COFFEE 6.0 setelah ishoma. Peserta memiliki gaya-gaya yang unik dan berbeda sehingga ice breaking  berjalan dengan sangat seru.

Gambar 3. Sesi Peniupan Lilin

Sesudah peserta seru-seruan bermain games, acara dilanjutkan dengan sesi berhadiah yang tentunya ditunggu-tunggu oleh para peserta yaitu pengumuman pemenang lomba. Karena pada acara Ulang Tahun HIMFOODTECH 6.0 diadakan berbagai macam lomba dengan melibatkan seluruh peserta HIMFOODTECH, maka pada sesi ini diumumkan pemenang lomba berdasarkan platform Instagram dengan melibatkan anggota DPI untuk memberi penilaian terhadap peserta lomba. Setelah dilakukan diskusi, pada akhirnya didapatkan 1 pemenang untuk lomba tell me your wish yaitu Angelina dengan akun Instagram @ngel_25, di akun instagramnya Angelina membuat video story Instagram kemudian mengucapkan harapan-harapan untuk HIMFOODTECH di tahun yang baru. Setelah dibacakan pemenang lomba tell me your wish, tanpa berlama-lama acara dilanjutkan dengan pengumuman lomba Here’s my photo. Lomba ini dimenangkan oleh pemilik akun @nataliaadev, yaitu Natalia Ayu Devi. Pemenang dari lomba ini dipilih berdasarkan postingan fotonya di story Instagram dan mengucapkan selamat ulang tahun untuk HIMFOODTECH.

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sesi ice breaking simon says. Pada sesi ini, MC akan memimpin ice breaking ini dengan menunjuk perwakilan kelompok untuk bermain. Peserta bermain dengan sangat antusias mendengarkan instruksi dari MC seperti mengambil pulpen, berpose, hingga menggunakan filter zoom yang lucu.

Gambar 4. Sesi ice breaking Simon says

Sesi ice breaking dilanjutkan dengan sesi pengumuman pemenang award lomba Tiktok Challenge dengan dua kategori, yaitu Best Video of Tiktok Challenge dan Most Likes of Tiktok Challenge. Pengumpulan poin untuk award ini dinilai oleh DPI Umum yang berlaku sebagai juri. Pemenang Best Video of Tiktok Challenge dimenangkan oleh @jenniferhal dan Most Likes of Tiktok Challenge dimenangkan oleh kelompok yang terdiri dari Angelina, Hardjanto, Eunike Hana Megumi, dan Natalia Devi.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang ice breaking. Peserta terlihat sangat antusias dan tidak sabar mendengar pengumuman pemenang. Pemilihan pemenang dihitung dari poin yang telah dikumpulkan dari keaktifan dan kekompakan kelompok dalam bermain sesi ice breaking. Setelah poin dihitung oleh panitia, kelompok yang menduduki juara 3 adalah kelompok 3, kelompok yang menduduki juara 2 adalah kelompok 7, dan kelompok yang mendapatkan poin tertinggi atau juara 1 adalah kelompok 6.

Gambar 5. Juara 1 Kelompok 6

Gambar 6. Juara 2 Kelompok 7

Gambar 7. Juara 3 Kelompok 3

Setelah mencapai penghujung acara COFFEE 6.0 yang cukup panjang dan mengasyikkan, acara ditutup dengan sesi dokumentasi seluruh peserta acara, doa penutup dan exit ticket. Doa penutup dibawakan oleh Vanessa Setianggara dengan khidmat. Tak lupa juga seluruh panitia mengucapkan rasa terima kasih atas semangat dan antusias peserta serta mengucap syukur atas berjalan lancarnya acara COFFEE 6.0. Panitia pun memberikan link gform yang berisikan exit ticket sebelum peserta boleh meninggalkan room zoom. Dengan pengisian gform tersebut telah berakhir acara COFFEE 6.0.

Terima kasih untuk peserta, dosen, serta panitia yang telah mendukung dan memeriahkan terselenggaranya acara COFFEE 6.0. Semoga pada ulang tahun HIMFOODTECH ke-6 ini kerap dapat membuat hubungan sesama anggota himpunan maupun non-himpunan semakin erat, dapat maju serta berkembang menjadi himpunan yang lebih baik, dan himpunan dapat bermanfaat untuk nusa dan bangsa.

Drop here!