Rice Paper, Dapat Diolah Menjadi Apa Saja, Ya?

Oleh : Melly Alevia (2440060295)

Rice paper atau kertas nasi merupakan produk sejenis edible (bisa dimakan) yang terbuat dari tepung beras. Beras yang dipilih untuk membuat rice paper adalah beras yang memiliki kandungan amilosa yang tinggi. Terdapat 47 kalori dalam 1 lembar rice paper dengan diameter 22 cm merk banh trang. Rice paper memiliki bentuk bulat, transparan, dan sedikit tebal.

Rice paper dapat digunakan dengan cara mencelupkan rice paper ke dalam air hangat dan diputar sampai seluruh permukaannya basah selama kurang lebih 10 detik agar rice paper mudah dibentuk. Rice paper dapat dibuat menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari keripik, kue beras (tteokbokki), aci gulung (cilung), spring roll, mie, dan lain sebagainya.

  • Keripik

Keripik dapat dibuat dengan menggunting beberapa lembar rice paper menjadi bentuk persegi, kemudian celupkan rice paper yang telah digunting ke minyak dingin, lalu digoreng. Keripik dapat disajikan dengan menambahkan irisan daun jeruk, bumbu penyedap, dan bubuk cabai sesuai selera.

  • Kue Beras (Tteokbokki)

Tttekbokki dapat dibuat dengan mencelupkan rice paper ke dalam air hangat sampai seluruh permukaan rice paper menjadi basah, kemudian gulung rice paper dan potong memanjang. Tteokbokki dapat disajikan menggunakan saus gochujang dan keju mozzarella.

  • Aci Gulung (Cilung)

Cilung dapat dibuat dengan mencelupkan rice paper ke dalam air hangat sampai seluruh permukaan rice paper menjadi basah, kemudian letakkan diatas wajan yang sudah dipanaskan, lalu tambahkan telur yang telah dikocok, dan digulung menggunakan tusuk sate. Sajikan menggunakan saus dan irisan daun bawang.

  • Spring Roll

Spring roll dapat dibuat dengan mencelupkan rice paper ke dalam air hangat sampai seluruh permukaan rice paper menjadi basah. Kemudian letakkan sayur-sayuran dan ikan salmon atau udang, lalu dilipat. Spring roll dapat disajikan dengan mayonnaise atau saus.

  • Mie

Mie dapat dibuat dengan mengoleskan minyak ke atas permukaan rice paper agar tidak lengket, kemudian gunting rice paper dengan bentuk memanjang. Untuk kuah dapat menggunakan bumbu instan atau bumbu buatan sendiri. Rice paper dimasukkan ke dalam kuah yang hangat beserta topping sesuai selera.

Nah, sekarang sudah tahu bahwa rice paper dapat dimakan dan diolah menjadi makanan apa saja, kan! Sekian artikel kami kali ini dan tunggu artikel-artikel kami selanjutnya, ya!

 

Referensi:

  1. Wijayanti, A., & Harijono. (2015). Pemanfaatan Tepung Garut sebagai Bahan Pembuatan Edible Paper dengan Penambahan Sorbitol. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3(4): 1367-1374.
  2. 15 Facts About Rice Paper and Spring Rolls. (2019, October 28). Retrieved from Four Elephants: https://4elephantsfood.com/blogs/four-elephants/rice-paper-facts