OKRA INFUSED WATER

Dessy Natalia

2101656603

Sumber: https://1md.org/article/okra-water-health-drink-benefits

Okra (Abelmoschus esculentus) atau yang biasa disebut dengan kacang bindi merupakan sayuran ekonomis penting di daerah tropis dan bagian subtropis di dunia, sementara di Indonesia sayuran okra belum begitu dikenal. Okra sendiri merupakan keluarga kapas-kapasan, yang berbentuk semak. Batangnya lunak, tinggi mencapai satu meter, bercabang sedikit, berbulu halus sampai kasar. Okra mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga sel-sel agar tetap prima dan menangkal radikal bebas penyebab kanker, selain itu okra juga mengandung protein sekitar 20% serupa dengan komposisi asam amino protein kedelai. Sedangkan, untuk biji dari okra yang sudah tua dapat diolah sebagai bahan industri minyak dan protein 2.

Bagian okra biasanya dikonsumsi dalam berbagai cara. Tanaman ini kaya akan vitamin, kalsium, kalium, dan mineral lainnya. Biji okra matang adalah sumber minyak dan protein yang ulcerdiketahui memiliki kualitas nutrisi yang unggul. Sylvia Zook, spesialis nutrisi, menyatakan bahwa okra dapat menyokong tubuh dengan sifat-sifat yang dimilikinya:

  1. Okra mengandung serat khusus yang mengontrol kadar gula dalam darah, menyediakan takaran gula yang dapat diterima oleh usus.
  2. Lendir yang ditemukan di okra, berfungsi untuk menghilangkan zat beracun dan kolestrol jahat yang menimbun di hati.
  3. Sifat purgatif/ pencahar yang dimiliki okra bermanfaat untuk pemurnian usus. Karena kandungan serat okra,
  4. Serat okra mengandung nutrisi yang sangat penting bagi mikroorganisme usus. Hal ini menjamin fungsi usus dengan benar.
  5. Okra adalah obat yang efektif untuk penyakit maag dan kesehatan sendi. Dapat digunakan menangkal asam, karena sifat dasarnya yang basa. Okra juga dapat menjaga selaput lendir pada sistem pencernaan, dengan cara menutupi dengan lapisan tambahan.
  6. Okra juga dapat digunakan untuk radang paru-paru, iritasi usus, dan sakit tenggorokan. Menurut peniliti di India, okra adalah pengganti yang kompleks untuk plasma darah manusia. Untuk menjaga zat-zat berharga tetap aman, okra perlu dimasak sesebentar mungkin dengan uap atau api kecil. 1

Di indonesia, okra sering diolah menjadi masakan seperti goreng tepung, lodeh, tumisan, sup, dan lain-lain. Namun, jika dimasak dengan suhu tinggi, kandungan nutrisi dalam okra akan terdegradasi loh sehingga khasiatnya berkurang. Untuk mencegah hal tersebut, kita dapat mengolah okra tersebut menjadi infused water. Infused water sendiri terbukti dapat mengurangi kadar gula darah sekaligus menurunkan berat badan, apalagi okra memiliki indeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Infused water okra ini sendiri dapat dibuat dengan menyiapkan 5-6 okra, air 600 ml dan botol/ toples. Okra kemudian dicuci bersih dan dipotong tipis, lalu masukkan potongan okra dan air hingga terendam ke dalam botol/ toples. Kemudian, simpan di dalam lemari pendingin selama ±3 jam. Setelah itu, dapat dinikmati deh infused water-nya!

 

Daftar Pustaka:

  1. Kumar, S., E. Tony, A. Praveen, K. Ashok, D. B. S. Rao, R. Nadendla. (2013). A review on: Abelmoschus esculentus (Okra). Res J Pharm. App Sci., 3(4): 129-132.
  2. Sunarjono, Hendro. (2013). Bertanam 36 Jenis Sayur. Depok: Penebar Swadaya.