AIR LERI DAN MANFAATNYA

Rania Reforasera
2101719125

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/14/171359920/manfaat-air-beras-untuk-kesehatan-dan-keindahan-rambut

 

Air leri atau air cucian beras merupakan air yang diperoleh dari proses pencucian beras. Air cucian beras mudah didapat karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan beras (nasi) sebagai makanan pokok. Selama ini, air beras kurang dimanfaatkan dan sering dibuang begitu saja. Padahal, sebenarnya di dalam air leri masih mengandung karbohidrat dan vitamin yang dapat dimanfaatkan (Moeksin, 2015).

Air leri memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, diantaranya karbohidrat yang berupa pati, lemak, protein gluten, gula, dan vitamin yang tinggi. Air leri mengandung vitamin B1, B3, B6 dan mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, dan zat besi. Air leri juga mengandung antioksidan (Astuti, 2013).

Untuk merawat wajah, air leri dapat kita gunakan karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Air leri dapat digunakan sebagai pembersih wajah agar wajah lembut, sebagai toner wajah yang dapat membantu masalah pori-pori, dapat digunakan juga sebagai perawatan jerawat, dan selain itu dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang iritasi. Selain untuk wajah, air leri juga dapat digunakan untuk merawat rambut agar sehat dan mencegah kerusakan.

Selain berguna untuk perawatan tubuh dari luar, air leri juga dapat diminum. Manfaatnya yaitu dapat mencegah sembelit karena mengandung serat yang tinggi, dapat mencegah dehidrasi, dan merupakan sumber energi yang baik karena tinggi kandungan karbohidrat.

Sumber:

Astuti, P. 2013. Pemanfaatan Limbah Air Leri Beras IR 64 Sebagai Bahan Baku Pembuatan

Sirup Hasil Fermentasi Ragi Tempe Dengan Penambahan Kelopak Bunga Rosella

Sebagai Pewarna Alami. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Moeksin, R. 2015. Pembuatan Bioetanol Dari Air Limbah Cucian Beras Menggunakan Metode

Hidrolisis Enzimatik Dan Fermentasi. Jurnal Universitas Brawijaya.

https://doktersehat.com/manfaat-air-cucian-beras-untuk-wajah-dan-kulit/

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/14/171359920/manfaat-air-beras-untuk-kesehatan-dan-keindahan-rambut

http://nakita.grid.id/read/02905753/minum-satu-gelas-air-beras-tiap-hari-rasakan-8-manfaat-ini-ajaib?page=all