PISTACHIOS AS A PART OF A HEALTHY DIET

Evelyn Riani Jhonson /2101697534

Sumber Gambar : https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-pistachio.html

                Hello Foodies!!! Nah.. Pernahkah kalian mendengar tentang kacang “pistachio” ? Atau mungkin kalian salah satu yang mengonsumsi kacang pistachio ini sebagai cemilan untuk diet ? Mungkin ga sih kacang ini mempunyai efek samping yang berbahaya ? Sebenarnya apa yang membedakan kacang ini dengan kacang-kacang yang lain ?

Kacang Pistachio (Pistacia vera L., Anacardiaceae) adalah salah satu sumber terbesar antioksidan diantara semua jenis kacang serta dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Kacang Pistachio tumbuh sebagai perdu yang bisa mencapai tinggi 10 m, biasa ditanam di daerah kering di Iran, Turkmenistan maupun di Azerbaijan barat. Kacang ini mengandung kalori yang rendah. Seporsi kacang pistachio menyediakan 12 persen kebutuhan serat harian anda. Hampir 90 persen kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh (lemak sehat). Kacang ini juga kaya akan vitamin B6 dan thiamin.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the America Collage of Nutrition pada bulan Juni 2010, dengan mengonsumsi 240 kalori kacang pistachio selama 12 minggu dapat menurunkan berat badan. Kacang ini dapat digunakan sebagai cemilan untuk diet yang sehat. Mengapa ? kacang ini dapat membantu menurunkan kolesterol, kandungan proteinnya dapat membantu membakar lemak dan mencegah terjadinya peningkatan berat badan maupun obesitas.  tidak hanya itu saja kacang ini dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh sehinggah dapat mencegah penyakit diabetes. Banyak sekali manfaat dari kacang pistachio seperti kacang ini dapat meningkatkan mood  karena kacang ini mengandung banyak potasium dan dapat menurunkan kadar hormon stress dalam tubuh kita, ekstrak kacang ini memiliki sifat emolien yang menenangkan dan dapat mencegah kulit dari kekeringan, kandungan konsentrasi yang tinggi akan vitamin B6 yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu kacang ini juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker karena dalam kacang ini mengandung antioksidan yang tinggi termasuk karotenoid dan beta karoten.

Pistachio adalah sumber yang baik dari sejumlah nutrisi seperti mineral, vitamin, asam lemak esensial, antioksidan dan senyawa lainnya, senyawa – senyawa ini tentunya sangat bermanfaat untuk kita, namun seperti yang kita ketahui pasti ada resiko dan efek samping jika kita mengonsumsi kacang ini berlebihan seperti dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, kardiovaskula.

So, Foodies! kita bisa diet sehat dengan mengonsumsi kacang pistachio, tetapi ingat jangan terlalu banyak, Makanan bila dikonsumsi secara berlebihan tidak akan bagus dan ada resikonya bagi tubuh kita. Jadii, konsumsilah sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

 

Daftar pustaka :

https://www.dokter.id/berita/manfaat-kacang-pistachio-bagi-kesehatan

https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-pistachio.html

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4890834/

https://panganpedia.com/ilmu-pangan/kacang-kacangan-penyebab-asam-urat/

https://gameku26.blogspot.com/2017/12/10-efek-samping-utama-terlalu-banyak.html

https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-pistachios

https://www.stylecraze.com/articles/top-12-health-benefits-of-pistachios/#gref