MANFAAT WINE BAGI TUBUH

Eduardus Edward – 2101636785

Sumber Gambar : Google Image

Wine merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari hasil fermentasi buah anggur.Wine sebenarnya tidak hanya dapat dibuat dari fermentasi buah anggur ,tetapi dapat di buat dengan fermentasi buah lainnya seperti apel ,cranberry,dan plum (Puckette,2015)

Wine biasanya dikonsumsi dapat dikonsumsi ketika,tetapi wine ini di Indonesia seringkali dianggap sebagai minuman yang tidak baik dan dapat merusak kesehatan,memang wine dapat berdampak buruk bagi kesehatan

kita,seperti dapat menurunnya fungsi otak dan kemampuan motorik tubuh,dapat beresiko menyebabkan kanker,beresiko menyebabkan penyakit jantung,dll.tetapi dampak buruk ini dapat terjadi disebabkan karena jumlah konsumsi wine yang berlebihan,berbeda jika jumlah konsumsi wine sesuai dengan yang ditentukan.Menurut Departemen Kesehatan Amerika dalam Dietary Guidelines for americans 2010 jumlah konsumsi wine yang sesuai adalah maksimal 2 gelas per hari bagi pria dan maksimal 1 gelas per hari bagi wanita.

Jika Wine dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai wine ini dapat berdampak baik dan bermanfaat bagi tubuh kita.wine ini dapat mencegah terjadinya kanker pada tubuh kita ,karena di dalam wine ini terdapat kandungan antioksidan  seperti Caffeic acid,Cathecin,Chlorogenic acid,epicatechin,ferulic acid,myricetin,protocatechuic acid,quercetin,dan resveratrol.Antioksidan yang terdapat didalam wine ini dapat mencegah radikal bebas untuk mengoksidasi senyawa dalam tubuh kita,dimana jika terjadi oksidasi ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Oleh karena itu sebaiknya kita mengkonsumsi wine ini dalam jumlah dan takaran yang sesuai agar dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Drink wisely!

Sumber :

Puckette,Madeline dan Justin Hammack.2015.Wine Folly The Essential Guide to Wine.New York : Penguin Random House LLC.

Departemen Kesehatan Amerika .2010.Dietary Guidelines for Americans.https://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines/appendix-9/.diakses pada 18 november 2018.

Guilford,Jacquelyn M. dan John Pezzuto.2011.Wine and Health :A Review.http://www.ajevonline.org/content/62/4/471 diakses pada 18 november 2018.