SUSU KECOAK

By : Joshua (1901478995)

Kecoak adalah hewan yang sering terlihat di sisi gelap bagian rumah, serangga ini sangat dibenci oleh sebagian besar orang karena bentuk dan kebiasaannya yang sering memakan sampah, tapi bagaimana kalau kecoa dijadikan suplemen yang bergizi untuk manusia
Sebagian Negara di Asia seperti Cina sudah menggunakan kecoak sebagai sumber pengobatan alternatif dan terbukti mampu menyembuhkan beberapa penyakit.
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa susu kecoa adalah minuman suplemen yang bergizi tinggi. Para ilmuwan percaya bahwa susu formula untuk bayi kecoak yang diproduksi Pacific Beetle Cockroach (Diploptera punctate) layak dikonsumsi oleh manusia.
Sebagian besar kecoak memang berkembang biak dengan cara bertelur. Tetapi spesies kecoak Diploptera punctate menjadi pengecualian. Spesies ini merupakan satu-satunya kecoak yang berkembang biak dengan cara melahirkan.
Kandungan gizi yang ada dalam susu kecoak sangat mengejutkan. Hasil penelitian menunjukkan susu kecoak kaya akan protein, lemak, dan gula serta mengandung 3 sampai 4 kali lebih banyak energi ketimbang susu kerbau dan susu sapi
Karena hewan ini tidak memiliki puting, susu kecoak tidak dapat diperah layaknya susu sapi, melainkan akan diolah menjadi semacam ragi.

Sumber:
https://international.sindonews.com/read/1126902/46/susu-kecoak-suplemen-bergizi-bagi-manusia-1469688089
https://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/susu-kecoak-kandidat-makanan-manusia-di-masa-depan