SERIBU MANFAAT DARI SI KECIL KELOR

Daniel Alfredo
2001599933

(Sumber gambar : http://bangka.tribunnews.com/2018/04/09/tak-hanya-berhubungan-dengan-magis-ini-dia-segudang-keajaiban-tanaman-kelor )

Hi Foodies! Apakah kalian tahu apakah itu daun kelor? Pernahkah kalian menkonsumsi daun kelor? Dan apakah kalian tahu apa saja manfaat dari daun kelor itu sendiri?

Tanaman Kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Kelor dapat tumbuh pada daerah tropis dan subtropis pada semua jenis tanah  dan tahan  terhadap musim kering dengan toleransi terhadap kekeringan sampai 6 bulan. Kelor merupakan tanaman yang sering disebut “The Miracle Tree” karena kelor memiliki kandungan gizi yang berkhasiat obat melebihi tanaman pada umumnya sehingga diyakini berpotensi mengatasi kekurangan gizi, kelaparan, dan berbagai penyakit di seluruh dunia. Daun kelor mengandung senyawa meliputi: nutrisi (kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, Ca, Fe, Mg, P, dan Zn), vitamin (A, B, B1, B2, B3, C, dan E), dan asam amino (arginine, histidine, lysine, tryptophan, phenylanaline, methionine, threonine, leucine, isoleucine, dan valine) yang diperlukan oleh tubuh.

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang baik, yaitu kaya akan pro-vitamin A dan C khususnya beta carotene yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.  Kelor juga merupakan tanaman yang dikenal di seluruh dunia sebagai tanaman bergizi dan WHO telah memperkenalkan kelor sebagai pangan alternatif untuk mengatasi masalah gizi buruk. Dari hasil penelitan sbeelumnya, disebutkan bahwa daun kelor dapat meningkatkan produksi ASI karena mengandung senyawa fitosterol yang berfungsi untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI (efek laktogogum). Senyawa yang mempunyai efek laktogogum adalah sterol. Sterol merupakan senyawa golongan steroid. Kehilangan darah pada saat melahirkan akan menyebabkan ibu post partum jatuh dalam kondisi anemia, sehingga diperlukan suplemen makanan atau zat gizi seimbang. Kandungan zat bezi dan vitamin C yang terdapat dalam daun kelor dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk pulih kembali ke keadaan sebelum hamil.

Pemanfaatan daun kelor masih belum banyak diketahui, umumnya hanya dikenal sebagai salah satu menu sayuran. Daun kelor dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap ataupun bahan utama dalam pembuatan suatu produk pangan yang kaya akan nutrisi. Daun kelor sendiri dapat langsung dikonsumsi sebagai olahan sayur atau lauk. Selain dikonsumsi langsung dalam bentuk segar sebagai lalapan, daun kelor juga dapat diolah menjadi bentuk tepung atau powder yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk mencukupi nutrisi pada berbagai  produk pangan, seperti pada olahan pudding, cake, nugget, biskuit, cracker serta olahan lainnya. Tepung daun kelor dapat ditambahkan untuk setiap jenis makanan sebagai suplemen gizi. Banyak pula dilakukannya inovasi dalam pengolahan produk pangan berbahan dasar daun kelor seperti pembuatan teh daun kelor, es krim dari daun kelor, coklat daun kelor, dan lainnya.

Sumber:

http://bangka.tribunnews.com/2018/04/09/tak-hanya-berhubungan-dengan-magis-ini-dia-segudang-keajaiban-tanaman-kelor