BUAH KESEMEK

Jansen Stevensen 

Sumber: https://i0.wp.com/tanamanmart.com/wp-content/uploads/2015/02/jual-bibit-kesemek.jpg?fit=503%2C387&ssl=1

HAI FOODIES!!! Tahukah kalian apa itu Buah Kesemek??

Buah kesemek atau buah yang memiliki nama latin yaitu Diospyros kaki itu adalah satu jenis tanaman buah-buahan subtropis yang tergolong langka di Indonesia dan mempunyai potensi untuk dikembangkan lho. Tanaman kesemek ini biasanya dikenal dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris disebut Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Sebutan kaki ini dalam bahasa Jepang adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini. Selain dimakan sebagai buah meja, kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan atau selai.

Buah kesemek tuh seperti apa sih?

Buah Kesemek ini memiliki ciri-ciri yaitu memiliki warna buah muda hijau kekuningan dan setelah

matang menjadi merah jingga hingga merah menarik. Daging buah kesemek tebal dan rasanya manis bila masak optimal dan memiliki rasa kelat. Rasa kelat ini dapat dihilangkan dengan mencelupkan buah ke dalam air kapur. Buah yang telah tua di pohon tidak dapat segera dimakan. Petani atau pedagang biasanya merendam buah kesemek dalam air kapur untuk menghilangkan rasa asam dan kelat yang ada pada buah tersebut.

Apa kandungan dan manfaat buah kesemek??

Buah Kesemek ini tidak kalah dengan buah-buah yang ada karena memiliki banyak kandungan zat gizi yang dapat diunggulkan. Buah kesemek mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, tanin dan phenol yang berkhasiat sebagai antioksidan. Oleh sebab itu mari kita intip manfaat pada buah kesemek ini:

  1. Menjaga kesehatan mata

Kesemek kaya dengan vitamin A yang berperan penting bagi kesehatan mata. Selain itu terdapat juga zeaxanthin, lutein dan lycopene yang sama-sama berfungi bagi kesehatan mata. Zat-zat tersebut diketahui membantu mencegah kebutaan akibat katarak dan penyakit mata lainnya.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Senyawa antioksidan seperti tannin yang terdapat dalam kesemek mampu menjaga kelenturan pembuluh darah agar tidak terjadi penyumbatan. Buah kesemek juga digunakan untuk mengobati hipertensi

  1. Menurunkan LDL dalam darah

Mengkonsumsi buah kesemek juga diketahui dapat menurunkan kandungan LDL (kolesterol jahat) yang ada pada darah.

  1. Membuat awet muda

Kandungan senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam buah kesemek diketahui juga dapat memperlambat proses penuaan dini

  1. Baik untuk diet

Buah kesek tidak kalah akan gizinya akan tetapi serat yang terkandung dalam buah ini sangat banyak dan baik buat seseorang yang sedang dalam proses diet makan.

SEKIAN ARTIKEL KALI INI SELAMAT MENCOBA BAGI KALIAN YANG PENASARAN DENGAN BUAH KESEMEK INI

SALAM FOODIEST!! ☺ ☺ ☺