DAMPAK MELETAKAN BOTOL PLASTIK DALAM SUHU TINGGI

Dessen Dilapanga
2101667430

Sumber Gambar : https://munchies.vice.com/en_uk/article/d75dkz/this-what-happens-when-you-leave-bottled-water-in-the-sun

Hallo teman-teman foodies! Apakah kalian pernah dengar dengan suatu kalimat “ Jangan letakan botol minum plastic di dalam mobil! ” ? Mengapa demikian? Itu adalah karena ada beberapa penilitian yang menyatakan bahwa ada beberapa minuman berkemasan botol plastic dapat tercemar karena packaging plastik yang terkena papasan matahari. Namun tidak semuanya lhoo.

Bahan kemasan botol minuman plastik ada banyak macamnya, ada PET (Polyethylene Terephtalate), ada HDPE (High Density Poly Ethylene), dll. Pada umumnya, jenis kemasan plastik minuman botol adalah PET atau PETE. Menurut penelitian dari Universitas Florida, ditemukan bahwa kemasan plastik botol yang umum (PET) dapat mencemarkan antimony dan bisphenol A (BPA) ketika terpapar panas dalam jangka waktu yang lama. BPA secara sederhananya merupakan senyawa sintetik yand ditemukan dalam plastik

BPA cukup ditakuti beberapa tahun yang lalu, karena suatu penelitian yang menemukan bahwa kemasan plastik dapat mencemari isi produk. Beberapa peneneilitian menimbulkan pikiran bahwa BPA dapat mempengaruhi tingkat hormone, menyebabkan penyakit jantung, dan bahkan meningkatkan resiko kanker. Sedangkan mengkonsumsi antimony dapat menyebabkan sakit perut, diare, bahkan bisa dikaitkan dengan aborsi spontan dan pendarahan retinal.

Tapi tenang foodies, menurut Food and Drugs Association, BPA dalam level saat ini berada di dalam kondisi aman ketika berhubungan dengan pangan, tidak akan menyebabkan masalah kesehatan terhadap konsumen, terutama terhadap anak-anak dan bayi. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kecepatan reaksi yang mencemari produknya melambat seiring waktu, sehingga memberi kesan plastik tersebut seiring waktu akan menstabilkan sendirinya.

Lalu bagaimana dengan produknya saat dikemas dari tempat A ke tempat B? Kan bisa terpapar panas, terutama ketika diletakan dalam kardus… Kalau itu sudah dipastikan juga sama FDA. “Jumlah atau tingkatan migrasi yang diharapkan, termasuk saat terpapar dengan suhu yang meningkat dalam penyimpanan dan transportasi (seperti ketika di dalam kendaraan tertutup di bawah sinar matahari), telah didiskusikan dengan agen untuk tidak melewati batas keamanan pangan”.

Tetapi, walaupun sudah diteliti tetap jangan sungkan untuk memindahkan botol di dalam mobil ya foodies. Sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menyimpan botol yang terpapar sinar matahari, dan jangan lupa juga, botol PET tersebut hanya sekali pakai dan juga punya jangka hidupnya tersendiri ya.

 

Daftar Pustaka :

https://munchies.vice.com/en_uk/article/d75dkz/this-what-happens-when-you-leave-bottled-water-in-the-sun

https://www.foodsafetymagazine.com/magazine-archive1/aprilmay-2009/the-safety-of-beverages-in-plastic-bottles/

https://www.healthline.com/nutrition/what-is-bpa

https://www.academia.edu/12993137/Kemasan_Pangan