MAKANAN TAK TERDUGA

Makanan Tak Terduga

Shania Samantha Jackline

2001565882

                Makanan merupakan suatu sumber kehidupan bagi manusia. Diketahui bahwa makanan yang dikonsumsi secara normal dan terus menerus dalam kehidupan ini berasal dari sumber nabati dan sumber hewani yang secara umum telah dikonsumsi seperti sayuran, buah-buahan, serta daging sapi, ayam bahkan ikan. Namun beriringan dengan berkembangnya waktu banyak sekali makanan-makanan “aneh” dan juga “unik” yang ditemukan dengan sumber nabati dan hewani yang biasanya tidak akan terpikirkan untuk dapat dikonsumsi.

 Adapun makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari namun memiliki nilai manfaat yang terselubung yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Hal-hal tersebut yang belum disadari oleh banyak orang membuat makanan tersebut bisa dibilang dengan istilah “Makanan yang tak terduga”. Terdapat beberapa makanan yang dapat disebut dengan istilah “Makanan yang tak terduga” antara lain Natto, Ulat, Serangga, dan juga otak sapi muda. Keempat makanan tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing yang membuat makanan tersebut digemari banyak orang walaupun tak sedikit orang juga yang masih menyangkal untuk memakanya.

Natto merupakan suatu nama makanan yang berasal dari negara Jepang. Natoo ini merupakan makanan yang dibuat dengan suatu proses fermentasi dengan berbahan dasar utama kacang kedelai. Melalui proses fermentasi yang telah dilalui maka akan membentuk suatu ciri khas aroma dari makanan ini yakni beraroma seperti bau kaki manusia. Walaupun memiliki aroma yang tidak menggugah selera namun Natto ini  memiliki hal tak terduga yakni adanya kandungan gizi baik yang akan membantu sistem pencernaan tubuh melalui kandungan protein serta probiotik yang berada didalamnya.

Selain Natoo ada pula makanan bersumber hewani yang biasanya tidak dikonsumsi, namun berkembangnya waktu dan juga peneliian maka ditemukan bahwa Ulat dpat dikonsumsi dan tidak dapat dipungkiri bahwa ulat memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal yang lebih tidak bisa diduga lagi adalah ulat memiliki banyak protein baik bagi tubuh yakni memiliki kandungan protein dan juga mineral yang tinggi. Berikut ini merupaka suatu mineral yang ditemukan dalam ulat yakni kalsium, potassium, zat besi, zeng dan juga fosfor.

Makanan tak terduga lainya adalah otak sapi muda. Otak sapi muda memiliki hal-hal tak terduha didalamnya. Otak sapi muda ini memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi baik yang diberikan oleh otak sapi muda adalah kandungan protein serta kandungan lemak yang ada didalamnya. Adanya asam lemak dalam otak sapi muda akan membantu mencegah risiko penyakit jantung.

Sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/803188-tujuh-makanan-aneh-namun-menyehatkan

Shania Samantha Jackline