DIET MENGGUNAKAN CABAI? BAGAIMANA BISA?

Diet Menggunakan Cabai? Bagaimana Bisa?

Apriana Felita
2101639225

Sumber: cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/03/ThinkstockPhotos-474683586.jpg?x54339

Hello! Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata cabai? Pedas? Keringat atau bahkan sakit perut? Namun, pernahkah kalian berpikir bahwa mengkonsumsi cabai dapat menurunkan berat badan?

Cabai adalah salah satu bahan makanan yang sangat amat digemari oleh segala kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Namun, sering kali terpikirkan bahwa apakah aman untuk makan cabai? Jawabannya adalah ya. Cabai sendiri memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk dan juga tomat. Akan tetapi, konsumsi cabai dikatakan aman apabila kita mengkonsumsinya dalam jumlah sedikit dan tidak berlebihan ya, foodies!

Selain mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi, ternyata cabai juga mengandung senyawa capsaicin. Senyawa capsaicin adalah senyawa yang membuat cabai terasa pedas dan membuat tubuh berkeringat ketika kita mengkonsumsi makanan pedas. Mengapa capsaicin dapat membuat tubuh kita berkeringat? Alasannya adalah senyawa tersebut merangsang kinerja tubuh dengan mempercepat metabolisme tubuh kita. Tak jarang ketika kita mengkonsumsi cabai, tubuh kita akan terasa gerah dan kepanasan, bukan? Hal tersebut merupakan salah satu cara kerja capsaicin, yaitu membakar lemak dalam tubuh kita.

Menurut penelitian, capsaicin dapat membantu tubuh untuk mengubah lemak putih menjadi lemak coklat. Lemak coklat adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh, biasanya terdapat pada bagian leher, bahu, ataupun punggung. Lemak coklat dikatakan lemak baik karena dapat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar kalori dalam tubuh.

Selain merangsang metabolisme tubuh, cabai juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Cabai dapat meningkatkan produksi enzim  dan juga asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi cabai juga harus dibatasi karena apabila berlebihan akan menyebabkan iritasi lambung. Peningkatan enzim peristaltik juga dapat mendorong tubuh untuk mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak berlebih.

Sebuah cara ampuh untuk melakukan diet menggunakan cabai adalah mencampurkannya dengan lemon, atau mengkonsumsinya dengan makanan kalian. Lemon dan cabai adalah pasangan ampuh untuk diet yang cepat dan optimal, loh!

Perlu diingatkan kembali, khasiat cabai memang cukup baik bagi tubuh karena tinggi vitamin dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan, cabai juga dapat menimbulkan resiko-resiko seperti iritasi lambung, iritasi usus, bahkan insomnia. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi cabai secara rutin dengan jumlah yang terkontrol agar diet menjadi seimbang. Selamat mencoba, Foodies!

15 Bahaya Cabai Bagi Kesehatan

3 Khasiat Cabe Untuk Diet Jarang Orang Tahu

https://www.halodoc.com/blog/manfaat-bahaya-makanan-pedas-untuk-kesehatan

https://lifestyle.kompas.com/read/2015/02/14/103000223/Pedasnya.Cabai.Bisa.Turunkan.Berat.Badan