Cara mengolah “Chocolate Bar” untuk si doi

By : Ivan Alexander (2001540412)

          Bulan Februari, bulan kasih sayang, Daripada membeli cokelat dari toko untuk diberikan pada yang tersayang, mengapa Anda tidak memberinya cokelat buatan kita sendiri? Pembuatan cokelat cukup mudah dilakukan sendiri di rumah, dan Anda juga dapat berkreasi untuk menciptakan kombinasi rasa yang unik.

          Memilih coklat dengan kualitas terbaik. Saat memilih coklat, pertama yang dilihat adalah persentase kandungan kakao dari coklat tersebut, makin tinggi persentasenya semakin kaya rasa kakaonya. Kedua adalah mendengar patahan coklat tersebut, biasanya di toko tidak disediakan tes coklat jadi ini dilakukan setelah membeli coklat tersebut, coklat dengan kualitas yang bagus akan memiliki suara patahan yang garing dan tidak rapuh, jika tidak garing berarti ada lemak lain selain lemak kakao, pendinginan dan Tempering yang tidak sempurna, atau sudah lembek karena kepanasan. Ketiga adalah mengamati kilap dari coklat tersebut.

          Gambar diatas dari sebelah kiri adalah coklat yang kurang Tempering dan coklat yang sempurna. Terakhir adalah kecapi coklat tersebut, caranya adalah gigit coklat tersebut lalu jangan dikunyah, biarkan meleleh di mulut. Dengan membiarkannya meleleh di mulut bahkan dark chocolate yang biasanya pahit, tidak akan terasa pahit, saat kamu mengunyah coklat melepas zat tanin yang memberi rasa pahit pada coklat.

          Selanjutnya adalah melelehkan coklat metode yang paling sederhana adalah metode Bain Marie, metode ini dimulai dengan mencacah coklat dalam ukuran kecil, kemudian coklat diletakkan dalam wadah stainless steel. Wadah stainless steel yang sudah berisi coklat cacahan itu kemudain diletakkan diatas panci yang berisi uap air panas. Aduk perlahan sampai coklat melumer sempurna.

             Sebelum dicetak, coklat harus di Tempering agar tidak terbentuk noda putih seperti gambar diatas. Tempering adalah proses membentuk kristal lemak kakao dengan jumlah yang cukup dan stabil. Lemak inilah yang membuat coklat mengkilap dan bersih.

         Ada 2 metode sederhana yang sering digunakan yaitu metode air dingin metode air es.setelah dilelehkan dengan sempurna ( pada suhu + 45oC ) wadah berisi coklat yang meleleh itu diletakkan diatas wadah yang berisi es, lalu diaduk sampai mencapai suhu pembentukan kristal stabil (26-28oC) lalu letakkan kembali diatas air hangat agar suhunya mencapai suhu ideal pengerjaan (30-32oC). Lalu tes dan cetak.

         Metode kedua adalah metode microwave, dengan metode ini tidak perlu terlalu banyak langkah, cukup panaskan coklat selama 10-20 detik lalu diaduk proses ini diulang sampai kekentalan tercapai. Lalu cetak

Gambar kekentalan sempurna.

Ya gitu deh guys teknik yang diperluin buat coklat rumahan bua si doi di bulan kasih sayang ini…

Bahan bacaan :

Tanuhadi, Louis. 2012. Chocology. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Elaine Gonzalez. 1998 The Art of Chocolate: Techniques and Recipes for
Simply Spectacular Desserts and Confections. San Fancisco:Chronicle Books.
Ramsay, Gordon.2012.Gordon Ramsay’s Ultimate Cookery
Course.London:Hodder & Stoughton Ltd.