PANCI (Pelatihan Desain Creative Innovative): Mastering Product Illustration – “Integrating Illustration to Product Design” ft. Xyla Ardhia Fiorina

Dalam rangka mendukung kegiatan belajar mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) BINUS University, kegiatan yang dapat mendukung bertambahnya wawasan terhadap industri kreatif sangat diperlukan khususnya pada zaman globalisasi ini. Maka, pada tanggal 23 November 2023, HIMDKV telah menyelenggarakan workshop sekaligus lomba yang berjudul PANCI (Pelatihan Desain Creative Innovative): Mastering Product Illustration – “Integrating Illustration to Product Design”. Pada kesempatan kali ini, HIMDKV melakukan kolaborasi dengan salah satu brand jam tangan, yaitu Rosefield (Instagram: @rosefield). Rosefield merupakan salah satu brand internasional yang satu grup dengan Watch Zone Indonesia (Instagram: @watchzoneofficial). Program kerja ini diselenggarakan dengan tujuan untuk berkumpul, saling berbagi informasi, dan belajar mengenai industri kreatif pada masa ini.

Acara berlangsung pada pukul 13.00 pada hari Kamis, dan berakhir pada pukul 17.00. Acara dibuka oleh MC dan berlanjut dengan pembawaan materi oleh Narasumber. Materi tentang product illustration dan bagaimana caranya untuk mengimplementasikan design tersebut pada sebuah produk. Materi dibawakan oleh Xyla Ardhia Fiorina yang juga merupakan mahasiswi Desain Komunikasi Visual New Media Binus University. Xyla Ardhia Fiorina telah meraih prestasi dalam lomba-lomba berskala internasional, seperti: 10 Best Works of ASEAN Digital Mural Competition (2023) dan Merit Award in Asia Students Package Design Competition (2022). Tak hanya menjadi mahasiswi desain yang meraih prestasi internasional, Xyla Ardhia Fiorina juga mengembangkan pengalamannya dalam dunia design sebagai seorang design intern di Indonesia Indicator. 

Setelah materi disampaikan, peserta dipersilahkan bertanya kepada narasumber dalam sesi tanya jawab. Kami mendapatkan banyak antusiasme dari para peserta. Tidak sedikit dari mereka yang menanyakan seputar design, dunia kerja design, proyek-proyek design, tips & tricks, dan banyak hal lainnya. Sesi tanya jawab ini pun direspon oleh narasumber kami dengan sangat antusias. Setelah itu, diadakan juga sesi review karya hasil workshop para peserta oleh narasumber. 

Kegiatan ini bisa menjadi wadah mahasiswa mengimplementasikan hasil karya mereka dalam sebuah desain produk dan mengajarkan mahasiswa dalam mengolah ide dan konsep menjadi sebuah hasil karya yang menarik dan inovatif. Dengan ini, mahasiswa dapat memiliki motivasi lebih untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam berkreasi. 

Oleh karena itu, program PANCI 2023 bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menambah motivasi dan mengembangkan diri agar lebih siap dalam dunia kerja atau magang di industri kreatif.