Imagination Day 2021

 Pada tanggal 4 Desember 2021 lalu, SOD telah menggelar acara tahunan yang biasa di selenggarakan dengan meriah dengan menggunakan berbagai macam kostum yang dikenakan oleh para mahasiswa maupun para dosen yaitu Imagination Day !

 Sama seperti tahun 2020 lalu, acara Imagination Day di tahun ini pun sayangnya masih di selenggarakan secara virtual. Namun, acaranya tersebut masih bisa kita buat terasa unik, kreatif dan tetap meriah !, walaupun diselenggarakan secara virtual, para mahasiswa dan dosen pun tetap menggunakan kostum yang mereka kenakan selama acara berlangsung

 Pada sesi pertama ini, acara ini dibawakan oleh 2 MC kita yaitu Arthur dan Dhiya, lalu dilanjut dengan video sambutan dari seorang pencetus pertama kali HIMDKV yaitu pak Arif Prijono Susilo.A, S.Sn., M.Sn. dengan tema “The Flavour of Silence”

 Kemudian acara dilanjut dengan sambutan dan ucapan dari Dekan SOD yaitu pak Danendro Adi, S.Sn., M.Arts, Berikut adalah sambutan dari pak Danendro

“Kepada rekan-rekan SOD yang ada diseluruh Indonesia, saya mengucapkan selamat atas terselenggarakannya acara Imagination Day 2021 ini, yang kebetulan acara ini bertepatan dengan fresh & bright, dimana dikedua acara tersebut menyelenggarakan aktivitas kreatif dan membuktikan bahwa keterbatasan yang terjadi ditengah pandemi tidak membuat kita berhenti untuk berkarya dan tetap kreatif…, semoga acara ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan menjadi cerita di masa yang akan datang, selamat berkegiatan, jaga kesehatan, tetap semangat, dan terus ikuti perkembangan, have fun !”

 

 Lalu berlanjut dengan sambutan dari ketua umum HIMDKV yaitu Jessica Arthaliora yang mengenakan kostum ala Star Wars Berikut adalah sambutan dari Jessica

” Hai semua, kenalin nama aku Jessica, disini aku sebagai ketua umum HIMDKV 2021, sebelumnya aku mau ngucapin terima kasih kepada seluruh panitia yang udah meluangkan waktunya dalam menyelenggarakan acara ini dari awal acara hingga akhir nanti dan juga bagi peserta yang pastinya dari kemaren udah antusias submit karya dan bagi kalian semua yang nonton acara ini.

 Dari awal nanti pastinya acara ini bakal seru karena adanya partisipasi dari kalian semua, jangan stay tune on youtube karena acaranya pasti bakal menarik banget karena ada pembicara-pembicara yang seru banget yang bisa kasih inside baru, dan pastinya tema kali ini seru banget yaitu “Dear future Me” dimana kalian bisa mengolah diri kalian lagi dan juga bisa menggali “who you really are” dan yang pastinya bagi kalian yang belum tau jati diri kalian, kalian bisa belajar dari sini meskipun hanya dengan acara-acara seperti ini.

 Dan juga pastinya aku berharap agar acara Imagination Day tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan semoga tahun depan akan ada Imagination Day yang lebih seru lagi dari iniThank you guys jadi aku gabisa lama-lama juga pokonya aku sangat bersyukur karena acara Imagination Day ini meskipun masih online kita bisa menyelenggarakannya dengan baik.

 So…thank you so much guys sekali lagi dan enjoy the show, semoga acara ini bisa berkesan bagi kalian semua, Bye….”

 Dan sambutan yang terakhir yaitu dari Rachel Andrea Pradita sebagai ketua acara pada acara Imagination Day tahun ini, Berikut adalah sambutan dari Rachel

 ” Hai semua !, kenalin aku Rachel, aku ketua acara Imagination Day 2021, dan disini aku mewakili seluruh panitia Imagination Day. Disini kami ingin berterima kasih kepada pihak SOD Binus University karena telah mendukung acara ini, semoga acara ini dapat menjadi wadah kreatifitas untuk terus berkarya serta wadah untuk refreshing bagi teman-teman Binusian yang sudah melewati UTS beberapa waktu lalu, aku mau ngingetin untuk enjoy the show and stay tuned sampai akhir, Imagination Day 2021 “Dear Future Me Remain True to Who You Are”

Setelah semua sambutan telah disampaikan, acara ini Break untuk sementara lalu dilanjutkan kembali

 Setelah Break, acara ini lalu dilanjut dengan sesi Talkshow dengan narasumber yang pertama yaitu Kak Ignatio Rivaldo Runtu dengan tema “Does a Privilege Guarantee a Successful Future ?”

 Melalui berbagai pertanyaan yang dilontarkan Oleh MC serta Q&A dari para peserta kepada kak Rivaldo mengenai tema yang sedang dibahas.

Tema ini membahas tentang bagaimana caranya agar kita bisa keluar dari zona nyaman yang biasanya sering kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari seperti menuntaskan rasa nyaman berada di zona nyaman, dampak negatif terlalu lama berada di zona nyaman, dll. Semuanya bisa terjawab melalui acara talkshow ini dan juga kita bisa mendapat berbagai inside terbaru mengenai manfaatnya keluar dari zona nyaman, yaitu kita pasti punya kebanggaan tersendiri ketika kita sudah berani keluar dari zona nyaman tersebut, walau memang awalnya terasa berat namun ketika bisa, akan ada rasa kebanggaan tersendiri dalam diri kita, selain itu kita juga bisa menjadi lebih percaya diri, berani berinovasi, bereksplorasi serta melakukan hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, hal tersebutlah yang mendorong diri kita agar semakin berkembang pesat.

 kak Rivaldo pun menceritakan pengalamannya ketika ia berhasil keluar dari zona nyamannya tersebut yang membuat para audience semakin termotivasi dan tergerak untuk bisa keluar dari zona nyaman mereka, awalnya ia pun sempat cemas, namun kecemasan itu dia terus lawan dengan kemampuan yang ia punya, jadi dari situlah ia bisa merubah dirinya menjadi lebih dewasa, ia menjadi terbiasa dalam mengatasi pressure yang dapat menghambatnya untuk berkembang, dan keluar zona nyaman pun membuat kak Rivaldo semakin berani mengambil keputusan dan terus bergerak maju untuk menggapai tujuan hidupnya.

 Tak lupa juga di penghujung sesi talkshow, kak Rivaldo menyampaikan beberapa pesan untuk panitia serta peserta yang hadir pada acara tersebut bahwa sebelum keluar dari zona nyaman, kita harus mempertanyakan diri kita terlebih dahulu seperti, kira-kira kemampuanku sudah sejauh mana ?, sudah bisa melakukan apa saja ?, diri ini arahnya mau kemana ?, dan apa yang ingin kita cari ?. Jika semua hal tersebut sudah terjawab dikepalamu, tahap berikutnya ialah pikirkan ke 3 hal penting ini, yaitu Money, Knowledge & Link.

 Dari ke 3 hal tersebut, mana yang ingin dipilih terlebih dahulu, jika bisa ditemukan ke 3nya ketika sudah bekerja nanti, kamu bisa meng upgrade kehidupanmu menjadi lebih baik, namun terkadang mencari ke 3 itu sekaligus memang sedikit sulit, jadi fokus saja terlebih dahulu apa yang kamu bisa dari salah 1 atau 2 hal tersebut lakukan.

 Setelah talkshow bersama kak Rivaldo selesai, MC kemudian melanjutkan acara dengan mengumumkan perlombaan poster yang sebelumnya sudah diselenggarakan. Tema lomba Ilustrasi yang diadakan pada Imagination Day 2021 ini yaitu “Childhood’s Dream”, dan inilah 3 orang pemenang lomba ilustrasi pada acara Imagination Day 2021 :

juara 1 : Angela Natali

Juara 2 : Amirah Deviana Oktaviani

Juara 3 : Ilham Ramadhan

Setelah pengumuman juara lomba ilustrasi selesai, lalu acara talk show sesi ke 2 pun akhirnya dimulai, pada talk show sesi 2 ini dipandu oleh 2 MC yang berbeda, yaitu ada Danilo dan Dhiya. Kali ini acara talkshow dihadiri oleh seorang seniman yaitu kak Rachel Ajeng. Pembahasan yang akan disampaikan kak Rachel kali ini yaitu dengan tema “How to step out of your comfort zone”, berikut adalah pembahasan talkshow yang disampaikan oleh kak Rachel.

Talkshow dimulai ketika MC melontarkan berbagai pertanyaan kepada kak Rachel dan ketika sesi Q&A ketika di penghujung acara, ka Rachel pun menjawab berbagai pertanyaan tersebut dimulai dari cara dia mencari sumber inspirasi dan referensi dia ketika hendak membuat sebuah karya, ternyata ia lebih sering mencarinya di aplikasi pinterest, buku serta dari pengalaman-pengalaman pribadinya. lalu kak Rachel pun menceritakan masa lalunya yang cukup kelam, mulai dari mendapat stigma negatif dari orang-orang terdekatnya bahkan keluarganya mengenai profesinya sebagai seniman yang selalu di asumsikan kalau profesi ini tidak menjanjikan secara finasial, kurang diapresiasi, dll. Hal tersebut ternyata pernah membuat kak Rachel sebal dan patah hati. Namun, mendapat kata-kata dan stigma yang kurang mengenakan itu tidak membuat ka rachel putus asa, justru hal tersebut menjadikannya semakin kuat dan terus terpacu untuk terus berkarya.

Lalu ia pun ditanya mengenai privilege, menurutnya hal tersebut memang sangat menguntungkan bagi orang-orang yang mendapatkan privilege, entah privilege dari orang tua, keluarga maupun orang terdekat, kak Rachel menyarankan untuk manfaatkan privilege tersebut selagi hal tersebut ada atau diberikan kepada kalian. Sayangnya kak Rachel dulunya tidak mendapatkan hal tersebut, hal itulah yang membuatnya harus berjuang agar bisa mendapatkan respon positif dari orang-orang, ia pun percaya bahwa semakin kita membuat orang lain senang dengan karya kita, stigma tersebut pasti perlahan-lahan akan pudar, karena menurutnya menjadi seorang seniman adalah sebuah panggilan hati yang kita sukai dan kita senangi. Kak Rachel pun menyarankan para audience untuk menekuni apa yang kalian suka perbanyak eksplorasi style agar tidak bosan dan jenuh ketika berkarya

Setelah itu, kak Rachel pun ditanya mengenai konsistensi dalam berkarya, ia pun menjawab sebenarnya ia pun masih sering kewalahan dan burn out ketika melakukan pekerjaannya sebagai seorang seniman, kini ia pun tidak bisa merasakan kesenangan dari hobinya yang sebenarnya yaitu membuat karya berupa seni rupa, kini hobinya tersebut sudah menjadi rutinitas dan pekerjaan yang harus ia kerjakan sesuai deadline. terkadang ia pun merasa diberi pressure, stress bahkan pernah mengalami sakit secara fisik maupun mental. Hal tersebut pun akhirnya membuatnya berhenti sementara sebagai freelance dalam bidang seni dan memutuskan untuk sering terapi serta konsultasi ke dokter. Kemudian kak Rachel pun menyarankan untuk para audience untuk selalu menjaga kesehatan, pola hidup yang sehat, makan-makanan yang sehat serta rajin-rajin berolahraga, dan juga memiliki kursi yang nyaman untuk bekerja, karena semua hal itu sangat penting untuk kita semua.

Kak rachel pun akhirnya membagikan tipsnya agar bisa keluar dari burn out yang ia dapatkan dari mentornya yaitu kita harus berhenti sejenak untuk melepas segala rasa lelah dan stress kita terhadap pekerjaan yang kita tekuni saat ini, carilah hobi baru yang bisa membuat kita lebih senang seperti menonton TV/ Movie /Series, bermain Game, bermain atau mendengarkan musik, membaca buku seperti novel/komik, dll. Ia pun kemudian memberikan metode agar kita bisa semangat lagi dalam berkarya yang ia dapatkan dari mentornya yaitu dengan metode “Highest Work”, jadi cobalah kita membuat sebuah karya berupa gambar/lukisan atau apapun itu sampai kita merasa bebas, puas dan senang dengan hasil karya yang kita buat, walaupun karya tersebut tidak berharga karena tidak untuk kita jual, yang terpenting adalah kita bisa mendapat kebebasan, kepuasan dan kesenangan dari hasil karya yang kita buat tersebut, hal tersebutlah yang bisa membuat kita untuk semangat lagi dalam berkarya.

 

Akhirnya sesi talk show pun selesai, acara Imagination Day ini pun ditutup dengan penampilan musik dari UKM BDM Binus University

Akhirnya acara ini pun selesai dan tak lupa juga para MC pamit undur diri, sampai jumpa di acara Imagination Day tahun depan !, Imagination Day 2021 Dear Future Me Remain True to Who You Are !