MENGENAL BUSANA-BUSANA KHAS MAKASSAR, BAJU BODO

Makassar tentunya kota asal Sulawesi Selatan yang kaya akan budaya-budayanya, terutama baju adat mereka yang beragam. Baju adat yang paling familiar dari Makassar adalah Baju Bodo. Baju Bodo merupakan baju perempuan khas suku Bugis-Makassar. Nama Baju Bodo merupakan penamaan Makassar, sementara dalam Bugis dinamakan dengan Waju Ponco. Nama “Bodo” itu sendiri memiliki arti “pendek”. Menariknya, Baju Bodo ini merupakan salah satu busana tertua di dunia.

IMAGE SOURCES : https://www.hinet.co.id/baju-bodo-makassar/, https://www.orami.co.id/magazine/pakaian-adat-sulawesi-selatan/

Baju ini berbentuk persegi seperti balon, berlengan pendek, hanya setengah siku, dan juga tentunya berukuran pendek seperti namanya Bajo Bodo. Dahulu, Baju Bodo ini dipakai tanpa baju dalaman sehingga memperlihatkan aurat dan juga dipadukan dengan sehelai sarung yang menutupi pinggang bagian pinggang ke bawah. Akan tetapi, Baju Bodo mengalami perubahan setelah masuknya Islam ke daerah Makassar. Akhirnya, Baju Bodo terdiri dari baju dalaman yang serasi dengan warna Baju Bodo itu sendiri, tetapi dengan warna yang lebih terang. Sedangkan pakaian bawahannya berupa sarung sutra warna yang senada dengan atasannya.

IMAGE SOURCES : https://lontar.id/baju-bodo-masa-kini-yang-kental-dengan-unsur-islam/

Baju Bodo dibedakan kegunaannya berdasarkan panjang bajunya. Baju Bodo yang berukuran pendek sampai pinggang umumnya dipakai oleh para penari, pengantin ,dan gadis remaja. Sementara Baju Bodo yang panjang hingga bawah betis biasanya digunakan oleh orang dewasa. Baju Bodo pada umumnya berwarna terang dan menariknya warna-warna tersebut menunjukkan suatu identitas umur dan status sosial pemakainya. Contohnya, warna jingga untuk pengguna yang berusia 10 tahun dan merah untuk perempuan yang berusia 17-25 tahun. Baju Bodo putih biasanya dikenakan oleh perempuan dari kelas bawah, hijau dikenakan oleh perempuan ber status bangsawan, dan ungu untuk perempuan janda.

REFERENCES :

https://www.orami.co.id/magazine/pakaian-adat-sulawesi-selatan/

https://sulsel.suara.com/read/2021/07/27/191907/mengenal-pakaian-adat-sulawesi-selatan-ada-yang-serba-hitam?page=all

https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/24/194500469/baju-bodo-pakaian-adat-sulawesi-selatan