Tips Menggunakan masker Ganda

Maraknya kasus covid yang ada di Indonesia membuat sejumlah pihak kewalahan dalam menanganinya, mulai dari pemerintah, Nakes, pedagang dan masih banyak lagi.

Kasus di Indonesia pernah mencapai 60 ribu kasus dalam 1 hari dan lagi ditambah dengan varian-varian baru yang muncul seperti delta. Varian delta di yakini memiliki dampak berat bagi pengidapnya. Pemeritah dan who juga sangat mendesak untuk melakukan vaksinasi di seluruh negara termasuk Indonesia. Namun masih ada saja oknum-oknum yang percaya bahwa covid adalah konspirasi yang mengakibatkan hoax dan tidak taan protocol kesehatan.

Oknum-oknum seperti itu yang membuat angka kasus covid naik dan menghalangi penanggulangan kasus covid-19.

 Maka dari itu, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker double.

 Penggunaan masker double juga mempunya tata cara nya, sebagai berikut:

  •         Gunakan masker bedah sebagai lapisan pertama.
  •         Pastikan kawat tipis yang terdapat di bagian atas masker bedah ditekan ke arah wajah, sehingga bentuknya mengikuti bentuk hidung Anda.
  •         Lapisi masker bedah dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.
  •         Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala
  •         Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker.
  •         Bila masih ada aliran udara, atur kembali posisi dan kekencangan masker. Pastikan tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian masker doubel ini.

 

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/27/130300223/masker-dobel-itu-bukan-pakai-2-masker-bedah-begini-cara-pakainya?page=all.

Dan tidak semua jenis masker bisa dirangkap, contohnya KN95 dan N95, masker ini sudah dirancang dengan standar untuk menyaring virus, jadi pen-double an masker tidak di perlukan untuk masker jenis ini.

Ada juga yang perlu di perhatikan dalam penggunaan masker double contohnya, pendouble an masker tidak disarankan menggunakan 2 masker medis yang sama, dikarenakan hal ini kurang efektif, maka untuk pendouble an masker menggunakan masker kain sebagai lapisan luar.

pemerintah juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak, karena penyebaran virus Covid-19 ini sangat cepat dan tidak terdeteksi dengan cepat.

Pemerintah berharap agar masyarakat mengikuti dengan baik himbauan ini agar keselamatan diri sendiri, keluarga, dan semua masyarakat.