IN THIS CORNER OF THE WORLD

In This Corner of The World

In This Corner of the World (この世界の片隅に Kono Sekai no Katasumi ni) adalah film animasi Jepang yang berdurasi 2 jam 10 menit ini di direct oleh Sunao Katabuchi. Film animasi ini dibuat berdasarkan manganya yang berjudul sama yang ditulis oleh Fumiyo Kono. Film animasi ini tayang premier di Jepang, 12 November 2016, namun di Indonesia tayang sekitar 14 Juni 2017.

Film animasi ini menceritakan tentang kejadian perang dunia ke – 2 di Hiroshima pada tahun 1930an sampai 1940an yang tepatnya mengisahkan seorang gadis cantik bernama Suzu Urano (tokoh utama). Suzu terlahir di keluarga yang bekerja sebagai petani rumput laut di Eba, kota kecil di Jepang dekat dengan Hiroshima. Pada umurnya yang ke 18, Suzu sudah di jodohkan dengan seseorang laki – laki yang bernama Shusaku. Sebelumnya, ia memang tak mengenal lelaki itu, karena itu adalah keputusan dari orang tua Suzu dan Shusaku. Kemudian setelah proses lamaran, Suzu tinggal bersama Shusaku bersama keluarga Shusaku di Kure. Pada awal film berlangsung, terlihat jelas bahwa, usaha Suzu sebagai ibu muda yang berjuang menjadi ibu rumah tangga yang baik, dikala suasana makin lama makin tidak membaik. 

Di dalam film animasi ini, klimaksnya adalah pada saat Hiroshima terjadi perang, dan Suzu banyak kehilangan banyak sekali hal – hal berharga, sampai – sampai ia terkena bom yang dipendam dibawah tanah yang mengakibatkan anak kakak iparnya meninggal dan tangan kanannya harus di amputansi. Banyak hal yang berat yang menimpa Suzu kala itu. Sampai – sampai ia tidak bisa menghubungi keluarganya karena susahnya komunikasi pada saat itu. Namun pada akhirnya mereka semua selamat dalam perang dunia ke – 2 itu.

Meskipun film animasi ini menceritakan sekitar tahun 1930 sampai 1940an, grafik dan illustrasi gambarnya sangat jelas dan berwarna. Tidak menggunakan tone atau mood warna coklat seperti film – film jadul lainnya, tetapi meskipun begitu, susana tahun 1930-1940an sangat terasa, mulai dari lingkungannya, rumah – rumah penduduk, pakaian, dan lain – lain. 

Film animasi ini sejak mulai tayang pada tanggal 12 November 2016, film ini telah memperoleh pendapatan 1 miliar yen hingga 4 januari 2017. Film ini juga memperoleh penghargaan Peace Film Award dalam Festival Film Hiroshima ke -3 dan beberapa penghargaan lainnya. Untuk dari saya pribadi, saya memberi rating 8,5 / 10. Dari segi cerita, karakter dan grafisnya sangat bagus dan sangat menarik. 

Maria Jessica