10th ART JOG

Changing Perspective

 

ARTJOG edisi kesepuluh, contemporary art market dan pameran yang paling besar di Indonesia, telah dibuka secara resmi di Musium Nasional Jogja. Pengoleksi seni dan eksekutif galeri dari beberapa Negara di segala penjuru dunia mendatangi seremoni perayaan dibukanya pameran yang berlangsung selama 1 bulan itu, dimana didalamnya akan ditampilkan artwork dari 59 artist dari Indonesia maupun diluar Indonesia.

“Dunia ini tidak linear, melainkan sangat penuh dengan ketidakpastian. Tema tahun ini yg berjudul “Changing perspective ini ibaratnya seperti Jeep yang diberikan kepada milenials untuk mengeksplorasi dunia”, kata GKR Mangkubumi, anak tertua dari Pemerintah Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X dalam pembukaannya di ARTJOG hari jumat yang lalu.

Artist muda Wedhar Riyadi menciptakan mata yang melayang, sebuah karya berciri khas yang dibuat dalam bentuk bola mata yang diwarnai cerah untuk ARTJOG tahun ini. Karya ini kemudian ditempatkan di sebuah kolam di gedung utama museum, dikenal sebelumnya sebagai Indonesian Fine Arts Academy – pendahulu Indonesian Art Institute yang sekarang.

Bambang “Toko” Witjaksono, seorang curator dalam pameran tersebut, mengatakan “Changing Perspective” dipilih menjadi tema ARTJOG tajun ini untuk mendorong masyarakat untuk berpikiran lebih terbuka lagi dalam menghadapi dunia yang kian kompleks.

Karya-karyanya juga dapat dilihat diwebsite ART JOG ke 10: http://www.artjog.co.id/

Sumber: http://www.thejakartapost.com/news/2017/05/21/10th-artjog-kicks-off.html