Penerapan Ciri Khas Kerajinan Nusantara pada Design Interior

Indonesia dikenal dengan sebutan negara kepulauan terbesar di dunia, dikarenakan terdapat banyaknya wilayah kepulauan yang membentang dari sabang sampai merauke. Hal ini menjadi salah satu faktor munculnya berbagai macam ras, suku, budaya, dan agama yang ada di Indonesia. Masing – masing daerah juga memiliki ciri khas kerajinan yang berbeda – beda. Kerajinan tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai ide dekorasi pada design interior dengan gaya tradisional.

Terdapat berbagai macam kerajinan yang ada di Indonesia. Contoh kerajinan pertama yang dapat dijadikan dekorasi pada design interior adalah batik. Batik merupakan kain khas nusantara yang memiliki corak beragam, cara pembuatannya yaitu dengan menuliskan malam pada kain tersebut. Tidak hanya untuk berpakaian, kain batik juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan seperti sarung bantal, taplak meja, selimut, karpet, dan lain – lain.

https://bangka.tribunnews.com/2019/03/20/ini-4-inspirasi-desain-interior-dengan-mengolah-kain-khas-nusantara

Kedua, anyaman juga merupakan warisan budaya Indonesia lainnya yang dapat dijadikan sebagai dekorasi pada design interior. Anyaman merupakan serat – serat yang disusun hingga membentuk benda yang kaku sehingga dapat digunakan untuk membuat keranjang, pot bunga, lampu gantung, kursi, dan lain – lain. Bahan yang biasanya digunakan sebagai anyaman yaitu rotan, gelagah dan bambu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/28/140000876/tren-desain-furnitur-terbaru-untuk-rumah-di-2021

Selanjutnya, terdapat seni ukiran yang tentunya sudah sering digunakan sebagai dekorasi pada design interior dengan gaya tradisional. Seni ukir di Indonesia sebenarnya telah tumbuh mulai dari zaman purba, lalu diwujudkan pada seni bangunan percandian di berbagai daerah. Usaha pemeliharaan seni ukir khas Indonesia ini dipertahankan terus menerus dari bentuk serta keindahannya sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya pada dinding ruangan, kini seni ukir juga dapat diaplikasikan pada furniture seperti kursi, meja, lemari, dan lain – lain.

https://interiordesign.id/desain-interior-tradisional/
https://properti.kompas.com/read/2019/08/24/103518021/7-paduan-apik-desain-tradisional-jawa-dan-modern?page=all

Namun, seiring perkembangan zaman, saat ini tembikar tersedia dalam berbagai macam motif, bentuk, dan gambar dengan daya tahan yang lebih lama. Tembikar dapat dibentuk sebagai aksesoris dalam ruangan.

https://m.dekoruma.com/artikel/89901/hiasan-dari-kerajinan-tembikar
Referensi: 
https://interiordesign.id/desain-interior-tradisional/        
https://bangka.tribunnews.com/2019/03/20/ini-4-inspirasi-desain-interior-dengan-mengolah-kain-khas-nusantara
http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4387
https://www.google.co.id/amp/s/amp.tirto.id/apa-itu-seni-ukir-dan-bagaimana-perkembangannya-di-indonesia-gbNQ
https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/12/200000869/pengertian-dan-macam-macam-seni-anyaman
P2M