JENIS JENIS LANTAI YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN PADA INTERIOR

Lantai merupakan salah satu elemen terpenting dalam interior, lantai memiliki berbagai berperan penting dalam menciptakan ruang yang nyaman untuk beraktiftas, selain itu lantai dapat juga memperkuat eksistens objek dalam ruang tersebut. Sekarang ini, sudah banyak jenis lantai yang beragam dan unik untuk diaplikasikan ke interior. Ketika lantai diaplikasikan dengan baik akan menciptakan kolaborasi yang indah. Ada berbagai jenis material lantai yang bisa digunakan sesuai kebutuhan anda, harganyapun dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki dan akan tetap menghasilkan design yang menarik jika pengaplikasiannya benar . Berikut jenis jenis lantai yang dapat diaplikasikan ke interior.

Keramik

Lantai keramik merupakan jenis lantai yang paling popular dan sering kita temui sehari hari. Lantai keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar dan dibeli glasir. Karena material pembuat lantai keramik mudah ditemui, harga lantai keramik pun cukup terjangkau dan mudah ditemui di Indonesia. Selain terjangkau, Lantai keramik memiliki banyak variasi yang meraik dan fleksibel untuk diterapkan dalam berbagai gaya interior. Lantai keramik termasuk lantai dengan kategori low maintenance yaitu sangat mudah untuk dirawat sehingga menjadi nilai tambah dalam memilih jenis lantai yang akan digunakan.

Granite

Granite merupakan salah satu jenis lantai yang banyak digemari banyak orang. Material lantai granite berasal dari batu alam. Granite memiliki pola berbintik dan secara tampilan mirip dengan lantai marmer, namun granite cenderung memiliki warna yang lebih gelap. Karena materialnya berasal dari batu alam, harga lantai granite lebih mahal dari lantai keramik.

Marmer

Sama halnya dengan granite, marmer merupakan jenis lantai yang berasal dari batu alam. Bedanya marmer terbentuk sejak ratusan tahun lalu, sehingga materialnya tidak bisa diperbaharui dan sangat terbatas. Hal inilah yang menyebabkan harga marmer sangat tinggi. Selain tampilannya yang cantik, Marmer bersifat dingin sehingga dapat memberikan kesejukan dan menurunkan suhu dalam ruang.

Plester

Lantai plester atau yang lebih dikenal dengan lantai semen merupakan lantai yang paling sederhana dan murah. Walaupun sederhana dan murah, tampilan dari lantai ini tidak kalah menarik dari lantai lantai sebelumnya yang sudah dibahas. Lantai plester dapat mmeberikan kesan rustic dan homey pada ruangan. Keunggulan lainnya adalah lantai ini memiliki permukaan yang dingin dan termasuk dalam kategori lantai low maintenance.

Kayu

Lantai kayu merupakan jenis lantai yang populer karena kesan alami dan mampu memberi kehangatan dalam ruang. Umumnya lantai kayu diaplikasikan pada kamar tidur. Jenis lantai kayu yang sering dijumpai adalah lantai kayu parquet dan laminating. Karena lantai kayu terbuat dari material alami, kekruangan pada jenis lantai ini adalah ketahanannya terhadap air, suhu, dan goresan. Sehingga kita harus sangat berhati hati dalam penggunaan jenis lantai ini.

Vinyl

Vinyl merupakan jenis lantai yang memiliki tampilan mirip dengan lantai kayu ataupun batu alma. Namun material pembuat vinyl adalah PVC yang umum digunakan pada plastic. Karena materialnya terbuat dari pvc, vinyl memiliki ketahanan dan kelenturan yang sangat baik. Kekurangannya adala vinyl sangat mudah tergores dan merusak tampilan vinyl. Sehingga harus sangat hati hati dalam penggunaanya. Vinyl merupakan salah satu alternatif bagi anda yang ingin memiliki lantai berpola kayu/batu alam namun memiliki keterbatasan biaya.

Terazzo

Lantai terrazzo merupakan salah satu jenis lantai yang sudah populer sejak dulu karena tampilan visualnya yang menarik. Lantai terrazzo tebuat dari semen dan pasir yang bagian atasnya dilapisi bahan keras dengan beberapa kombinasi material lain sehingga memiliki corak yang unik. Lantai ini mudah berlumut jika sering terkena air sehingga harus sering dipoles ulang agar lebih tahan lama.

 

Source :

https://interiordesign.id/lantai-rumah/ 

https://www.momsmoney.id/news/jenis-jenis-lantai-untuk-interior-rumah-jangan-salah-pilih 

10 Jenis Lantai yang Cocok Untuk Rumah

Zahra Alya Khalishah