UPCYCLING COCONUT SHELL

Oleh:

Michelle Cen (2440041655), Shirleen Atsajaya (2401959162)

Limbah seringkali menjadi permasalahan utama bagi seluruh masyarakat. Selain memenuhi kota, limbah juga bisa menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti kesehatan, kebersihan, dan aroma yang ditimbulkan pun seringkali mengganggu kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis limbah yang sebenarnya dapat diolah lebih dalam lagi menjadi jenis limbah yang bermanfaat. Salah satu caranya dengan mendaur ulang atau mengolah kembali limbah menjadi produk baru yang dapat digunakan. 

Gambar 1. Limbah batok kelapa

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki banyak pantai yang indah. Dari pantai-pantai tersebut, seringkali kita mengabaikan limbah yang sebenarnya dapat didaur ulang kembali. Limbah yang mudah ditemukan di sekitar kita salah satunya batok kelapa. Batok kelapa atau tempurung kelapa berpotensi besar untuk dimanfaatkan kembali menjadi kerajinan tangan atau produk lainnya, bahkan bisa dijadikan ide bisnis. Selain mudah ditemukan, materialnya yang alami membuat kerajinan batok kelapa mudah diuraikan. 

Terdapat cara dalam memproses batok kelapa. Pertama-tama batok kelapa akan dibersihkan dari sisa sabut atau kotoran yang melekat pada batok, selanjutnya batok kelapa akan direndam selama 2 hari menggunakan air bersih. Dalam pembuatan sebuah kerajinan atau produk pastinya terdapat desain yang diinginkan. Pola desain yang telah ditentukan tersebut nantinya akan digambar pada sebuah kertas dan dipotong sesuai bentuknya. Kertas yang telah dipotong tersebut nantinya akan ditempelkan pada batok kelapa dan akhirnya batok kelapa akan dipotong dan dibentuk. Terakhir batok kelapa akan dihaluskan dan diberi cat pernis kayu untuk menjaga ketahanan batok kelapa serta mempercantik finishing dari batok kelapa.

Batok kelapa tersebut dapat digunakan pada berbagai produk atau sebagai finishing ruangan. Batok kelapa juga dapat digabungkan dengan material lain seperti contohnya rotan, kayu, batu, tali, dll. Berikut merupakan contoh aksesoris ruangan berupa tempat penyimpanan, lampu hias ruangan serta dinding atau ubin lantai.

Gambar 2. Rumah lampu yang terbuat dari batok kelapa

Gambar 3. Panel dinding yang terbuat dari batok kelapa

Dengan begini, maka kita tahu bahwa limbah disekitar kita dapat diolah menjadi banyak hal yang berguna dan bernilai lebih. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya kesadaran diri dan kreativitas untuk mengolah limbah menjadi produk yang lebih bermanfaat. Dengan pengolahan limbah yang benar, lingkungan di sekitar kita juga menjadi lebih sehat dan lebih baik bagi generasi sekarang dan yang akan datang nantinya.

Referensi:
https://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/632
http://pendakianspiritual.blogspot.com/2014/09/kerajinan-tempurung-kelapa.html
https://kumparan.com/peluang-bisnis/3-peluang-usaha-yang-menjanjikan-hanya-bermodal-batok-kelapa-1tDplP2aLmz
https://indonesian.alibaba.com/product-detail/HSSF-BB-coconut-shell-mosaic-floor-60553779540.html