Apakah Contemporary Desain Sama Dengan Modern Desain?

Oleh: Maida Marella Az-Zahra [2502023663]

Furniture merupakan perabotan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Manusia sangat membutuhkan perabotan untuk menunjang dan melengkapi segala aspek ruangan. Furniture sudah ada dan berkembang sejak dahulu kala. Kehadirannya mempermudah aktivitas manusia. Seiring berkembangnya zaman, furniture terus berevolusi dan menciptakan sebuah gaya atau desain dan ciri yang diciptakan oleh pembuatnya. Setiap wilayah juga memiliki desain yang berbeda dari wilayah lain karena dipengaruhi oleh budaya dan aktivitas manusianya juga.

Semakin hari, manusia selalu menciptakan ide dan menuangkannya pada furniture. Sehingga menjadikan desain furniture sangatlah beragam. Dengan kecanggihan teknologi pula, menunjang perkembangan furniture menjadi lebih pesat. Desain furniture yang sangat marak dikagumi saat ini adalah modern furniture. Modern furniture sendiri mengacu pada periode waktu tertentu. Sejak awal hingga pertengahan abad 20, modern furniture mulai bermunculan. Modern furniture memiliki beberapa ciri, yaitu menciptakan gaya berbeda dan berfokus pada bentuk, gaya sederhana dan multifungsi. Pada desain modern furniture juga memiliki estetika yang menonjol, garis tajam, dan warna warna netral yang hangat.

Ada suatu gaya yang dimiripkan dengan modern desain namun berbeda. Ialah contemporary desain. Orang-orang salah mengira bahwa kedua desain ini merupakan satu desain yang sama. Desain kontemporer merupakan desain jaman sekarang, masa kini yang selalu berevolusi dan berubah setiap saat. Walaupun antara modern desain dan contemporary desain berbeda, namun perbedaannya tak kasat mata. Manusia harus teliti dalam mengamati dan membedakannya. Sifa dinamis yang dimiliki gaya Contemporary tentu saja memiliki cirinya tersendiri. Beberapa elemen desain yang dimiliki oleh contemporary. Garis ramping dan bersih. Hiasan dan ornament yang berlebihan dihilangkan untuk menciptakan kesan sederhana, bersih dan rapi. Pada contemporary, sentuhan seni tidak lupa ditambahkan dan dengan warna-warna yang beragam.

Prinsip yang diterapkan pada contemporary furniture adalah juga mengutamakan desain. Karena desain harus menggabungkan keindahan dengan kegunaan suatu objek untuk menyajikan furniture yang juga memuaskan secara visual. Contemporary furniture juga selalu menggunakan bahan-bahan dan teknologi yang canggih. Contemporary furniture seperti sofa menggunakan bahan sutra, beludru, linen atau wol pada bantal, bedcover, dan beberapa perabotan lainnya. Dan untuk material keras seperti lampu, dan aksesoris dengan warna hitam sebagai aksen yang menonjol biasanya menggunakan bahan baja, krom, dan nikel.

Furniture beraksen kayu berwarna terang atau gelap juga sering sekali digunakan seperti pada lemari, meja, dsb.

            Contemporary design tidak membawa ciri khas pada era sebelumnya, karena desain ini menampilkan masa kedewasaan sekarang. Dan contemporary desain juga tidak menampilkan kesan futuristic masa depan.

Berikut beberapa contoh desain contemporary furniture:

Referensi:

  1. https://interiordesign.id/ciri-khas-gaya-desain-interior-kontemporer/
  2. Source: https://waterbasecoating.com/mengenal-desain-kontemporer
  3. Pinterest