9 Kebiasaan Baik yang Akan Menjaga Rumah Anda Tetap Bersih dan Rapi

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang menjaga rumah yang bersih dan rapi tanpa bantuan pelayan? Hampir terdengar mustahil, bukan?
Ketika Anda melihat-lihat rumah Anda sendiri dan melihat betapa berantakan dan kotornyarumah itu, hal pertama yang Anda pikirkan adalah membersihkannya. Di sisi lain, Anda kurang termotivasi karena Anda tahu itu hanya akan terjadi lagi (kemudian Anda kembali ke titik awal). Jadi, bagaimana jika ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan rapi selama berhari-hari? Percaya atau tidak, pada artikel ini tercantum beberapa kebiasaan yang akan membuat rumah Anda terlihat terbaik tanpa rutinitas pembersihan yang berlebihan atau bahkan menakutkan yang kebanyakan orang tidak punya waktu dan energi untuk itu.

 

Dish Rack Holds Many Dishes and Cups Against Wooden Countertop, White Wall Tiles, Sink and Faucet. Budget and Lightweight Stock Image - Image of rack, crockery: 183605655

1. Cuci piring setiap habis makan
Piring kotor cenderung menumpuk lebih cepat, terutama di rumah dengan anak-anak. Jelas, tidak ada yang senang membersihkan kotoran dan lemak makanan sambil berdiri di wastafel dapur untuk waktu yang lama. Di sisi lain, jika Anda mencuci piring setelah setiap makan (sebelum mereka mulai menumpuk), Anda tidak perlu khawatir berjalan ke wastafel yang penuh dengan piring kotor.

 

18 Great Laundry Room Design Ideas That'll Make You Want To Do Laundry

2. Lipat dan Simpan Cucian Segera Setelah Kering
Orang-orang sering membiarkan cucian nya dijemur lebih lama dari yang seharusnya. Ini biasanya dilakukan karena kemalasan, menyetrika/melipat dan menyimpan cucian bisa menjadi pesta tunda yang nyata! Meskipun mungkin tampak seperti kebiasaan yang sulit untuk dikembangkan, pastikan untuk langsung menyetrika/melipat dan menyimpan cucian anda segera setelah mengering. Hindari meninggalkannya dalam semalam karena anda akan cenderung memprioritaskan tugas ini setelah anda memulai hari baru dengan begitu banyak hal yang harus dilakukan.

 

6 Cara Bersihkan Noda di Karpet

3. Bersihkan Noda Tumpahan Segera
Jika anda menumpahkan jus di meja atau menjatuhkan remah-remah di lantai, bertindak dengan cepat dapat membuat perbedaan besar dalam jumlah waktu dan usaha yang anda butuhkan untuk membersihkannya. Membiarkan tumpahan untuk mengatur atau menumpuk membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan.Karenanya, menyisihkan beberapa detik untuk mengambil atau membersihkan tumpahan makanan akan menghemat banyak waktu dan tenaga anda dalam jangka panjang.

 

4. Jangan Pernah Berpegang pada “Sampah”
Yang ini bisa jadi agak rumit karena biasanya ‘sampah satu orang adalah harta orang lainbukan? Nah, dalam hal ini, semuanya bermuara pada pengaturan beberapa aturan dasar saatmemisahkan “sampah” dari barang-barang yang berguna. Barang-barang seperti majalah lama, barang elektronik yang tidak berfungsi, surat sampah, sepatu usang, dan barang-baranglainnya yang tidak lagi berguna atau sangat jarang dipakai bagi Anda atau keluarga anda, harus disingkirkan! Jika mereka cukup baik untuk disumbangkan atau digunakan oleh orang, itu salah satu cara anda dapat membersihkan rumah anda dari hal-hal yang menyebabkan kekacauan dan ketidakrapian.

 

5 Steps to building your dream wardrobe. [1] Be selective

5. Selalu Letakkan Pakaian di tempatnya
Baik itu cucian bersih yang masuk ke lemari Anda, atau barang-barang kotor yang perlu dibuang ke keranjang, meletakkan pakaian di tempatnya tentu akan membantu anda menjaga rumah anda lebih bersih dan rapi setiap saat. Demikian pula, ketika anda pulang ke rumah dan melepas mantel atau jaket, pastikan untuk menggantungnya daripada membuangnya di tempat tidur atau di tempat lain. Pakaian cenderung berakhir tergeletak di sekitar rumah jika tidak rajin meletakkannya di tempatnya.

 

1,222 Home Interior Cleaning Maid Home Improvement Stock Photos, Pictures & Royalty-Free Images - iStock

6. Luangkan Beberapa Menit Setiap Harinya Untuk Membersihkan
Jika anda membersihkan perabotan dan menyedot debu lantai setiap dua hari sekali, anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membersihkan secara menyeluruh di hari libur. Bagian terbaik dari rutinitas pembersihan alam ini adalah anda dapat mempertahankan rumah yang bersih dan rapi tanpa merasa lelah pada akhirnya. Yang perlu anda lakukan adalah membuat jadwal yang nyaman untuk diri anda sendiri untuk menyedot debu, membersihkan debu, dan melakukan tugas pembersihan rumah tangga lainnya pada hari yang berbeda dalam seminggu.

 

7. Kembalikan Barang Pada Tempatnya
Sering kali kekacauan di rumah kita disebabkan oleh hal-hal yang tidak pada tempatnya. Dari pengisi daya ponsel dan laptop hingga sisir rambut dan produk kecantikan, kita sering meninggalkan barang-barang tertentu tergeletak di sekitar tempat yang hanya menyebabkan kekacauan dan membuat rumah berantakan! Meskipun ini adalah sesuatu yang mungkin telah anda lakukan selama bertahun-tahun sehingga agak sulit untuk membiasakan diri
mengembalikan barang ke tempatnya setelah digunakan. Namun,perlahan-lahan dengan kedisiplinan diri akan berhasil.

 

Tv Television Watching Football Match On Tv With Snacks And Alcohol Relax In Front Of The Tv A Fan Of Watching A Football Match Play Off A Plate Of Potato Chips And

8. Merapikan Ruangan Sebelum Kamu Meninggalkannya
Bayangkan  anda sedang bersantai di sofa dan menonton TV dengan camilan di satu tangan, dan minuman di tangan lainnya, setelah selesai, Anda mematikan TV dan meninggalkan ruangan. Yah, ini bukan skenario yang tidak biasa bagi banyak orang.Meskipun hanya perlu beberapa detik untuk meluruskan bantal sofa dan mengambil piring atau gelas dari meja kopi, kemalasan kami terus melakukan semua itu. Namun, jika anda mencobanya sekali atau dua kali, hasilnya pasti akan memotivasi Anda untuk merapikan kamar sebelum anda meninggalkannya.

 

Messy Room: Depression & Teenagers | Newport Academy

9. Segera Rapikan Tempat Tidur setelah Anda Terbangun
Jangan menunggu sampai setelah anda menyikat gigi atau mandi untuk merapikan tempat tidur, kemungkinan anda akan lupa atau mengabaikannya karena sedang terburu-buru untuk sarapan dan meninggalkan rumah. Ini berarti pulang ke rumah dengan tempat tidur yang belum dirapikan yang, pada gilirannya, mendorong lebih banyak kemalasan atau disorganisasi. Sekali lagi, hanya perlu sekitar satu menit (atau kurang) untuk merapikan
tempat tidur anda, jadi ini adalah kebiasaan yang agak mudah untuk dikembangkan.Demikianlah beberapa Kebiasaan Baik yang Akan Menjaga Rumah anda tetap bersih dan rapi, meskipun tidak mudah dilakukan tetapi dengan melakukan nya sedikit demi sedikit setiap hari maka akan terbiasa dengan kebiasaan baik ini dan akan membuat rumah anda tampak bersih dan rapi setiap saat.