Pengaruh Warna pada Desain Interior

Warna merupakan salah satu elemen terpenting pada desain interior. Hal ini dikarenakan warna dapat mempengaruhi ambience pada suatu ruang. Oleh karena itu setiap warna memiliki arti yang unik dan efek psikologis yang berbeda apabila diaplikasikan pada  interior.

Berikut ini merupakan beberapa jenis warna dan pengaplikasiannya pada interior

  1. Merah

Warna merah biasanya digunakan sebagai penanda atau simbol darurat. Hal ini dikarenakan warna merah merupakan warna yang kuat dan kontras sehingga membuat mata kita cenderung lebih cepat menangkap warna ini. Warna merah menyebabkan pengguna akan merasa lebih emosional, aktif, dan berani.

http://kientevecom.blogspot.com/2014/03/amazing-outstanding-dark-grey-and-red_28.html?m=0

 

  1. Kuning

Warna kuning cenderung memberikan mood yang ceria dan bersemangat sehingga warna ini banyak diterapkan pada retail makanan. Warna kuning memberikan dampak optimisme pada pengguna dan meningkatkan kreatifitas pengguna ruang sehingga cocok untuk diterapkan dengan warna yang lebih netral seperti warna putih agar ruangan terasa lebih tenang.

https://www.arsitag.com/article/yuk-bermain-dengan-warna-kuning-untuk-desain-interior-rumah-anda-yang-ceria

 

  1. Biru

Warna biru identik dengan warna langit dan lautan. Warna ini biasanya menjadi simbol kemurnian, kepercayaan, dan kejujuran. Mengaplikasikan warna biru pada interior akan menghadirkan suasana  tenang, dingin, dan formal.

https://www.freepik.com/premium-photo/interior-design-luxury-living-room-modern-blue-home-style_10434057.htm

 

  1. Putih

Warna putih merupakan warna yang sering digunakan pada interior. Warna netral ini memberikan kesan bersih, damai, dan elegan pada interior. Saat memakai warna putih sebagai color palette disarankan untuk melakukan mix and match dengan tekstur dan material agar ruangan tidak membosankan. Selain itu, warna putih juga cocok diaplikasikan pada ruang interior yang sempit karena dapat memberikan kesan yang luas dan lapang pada ruangan.

http://www.home-designing.com/balancing-modern-minimalism-in-black-and-white

 

  1. Hitam

Warna hitam memberikan suasana elegan, kemewahan, dan formal. Penggunaan warna hitam yang berlebihan akan menjadikan ambience ruang menjadi buruk. Warna hitam cocok dipadukan dengan warna putih atau abu-abu untuk memberikan kesan minimalis. Untuk menjadikan ruangan lebih elegan, warna hitam cocok dipadukan dengan material berwarna gold.

http://www.home-designing.com/3-living-spaces-with-dark-and-decadent-black-interiors
Sherly Herlina