Green School Bali : Sekolah Alam Unik dan Terhijau di Dunia!

Sekolah merupakan bangunan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang memadai sebagai media pembelajaran. Pada era sekarang yang merupakan era yang semakin modern, banyak orang beranggapan bahwa semangkin bagus dan canggih suatu bangunan, maka proses pembelajaran akan semakin efektif. Apakah kalian setuju dengan hal tersebut? Di era yang modern ini jarang sekali ada seseorang yang memikirkan tentang lingkungan apalagi yang berhubungan dengan konstruksi bangunan.

Di Indonesia yaitu di Bali, terdapat satu sekolah yang sangat bersahabat dengan lingkungan yang dibangun oleh John Hardy, yakni Green school Bali. Sekolah ini berlokasi di Banjar Saren, Desa Sibang Kaja, Abiansemal, Badung. Bangunan Green School ini sebagian besar menggunakan material alam seperti alang-alang, tanah liat, dan bambu. Selain material konstruksi bangunan itu sendiri, perabotan-perabotan di dalamnya pun juga menggunakan bahan alami seperti bambu seperti rak, meja, kursi, dll. Tidak hanya itu, yang cukup mengejutkan pula bagian atap bangunan ini juga menggunakan bahan alami yaitu ilalang.

Selain dalam hal konstruksi bangunannya yang unik, kurikulum di sekolah ini yang telah di resmikan sejak tahun 2009 pun berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya. Pada sekolah ini, murid harus memilih 3 aspek utama dalam kurikulumnya, yaitu Inggris- Matematika-Sains. Selain itu ada pula Green studies, dimana murid akan belajar tentang lingkungan dan dunia ekologi, seperti
menanam tanaman sendiri, mendaur ulang sampah, dll. Kemudian ada Creative Arts, dimana pada pembelajaran ini murid-murid fokus pada seni dan budaya dalam pengaruh lokal. Hal ini bertujuan untuk membangun generasi muda yang lebih baik dan lebih maju ke depannya , tetapi tidak menutup diri pada lingkungan sekitar.

Dengan fasilitas-fasilitas dan cara pembelajaran yang ditawarkan serta merupakan sekolah bertaraf internasional, murid dan para orang tua merasa sangat puas dan terkesan walaupun untuk bersekolah di Green School orang tua harus merogoh kocek yang cukup besar yaitu US$ 10.000 per tahun. Sebagai tambahan, Green School juga memiliki program volunteer dan internship bagi yang berminat.