Rumah Adat Papua

Oleh: Vanessa Brigita Suwandi – 2301859184

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak keragaman, salah satu contohnya adalah rumah aat yang berbeda di setiap daerah yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan membahas mengenai rumah adat yang berasal dari Papua. Rumah adat Papua memiliki 2 tipe rumah tradisional yang bentukannya sebenarnya hampir mirip. Walaupun bentukan kedua rumah tersebut mirip tetapi fungsi dari rumah tersebut berbeda. Berikut rumah adat papua :

1. Honai

Honai merupakan rumah adat Papua yang merupakan rumah bagi suku Dani. Rumah Honai memiliki arsitektur yang sangat khas dengan bentukannya dan atap yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai berasal dari kata “hun” atau laki-laki dan “ai” yang berarti rumah. Bentuk rumah ini menyerupai bentuk jamur dengan dinding yang terbuat dari kayu dan atap yang terbuat dari jerami. Rumah ini tidak memiliki jendela, mereka hanya memiliki satu pintu sebagai pintu masuk. Ketinggian rumah ini adalah 2,5 meter dan lebarnya 5 meter. Ukuran ini bertujuan untuk menahan suhu dingin di pegunungan, di tengahnya terdapat lingkaran yang digunakan untuk membuat api untuk menghangatkan badan sekaligus untuk penerangan di dalam rumah.

Rumah Honai memiliki 2 lantai, lantai pertama digunakan untuk tempat tidur dan untuk lantai dua adalah tempat besantai dan beraktifitas. Rumah ini juga memiliki lantai bawah yang digunakan untuk penyimpanan mumi, tubuh yang telah diawetkan. Fungsi lain dari rumah Honai adalah sebagai tempat penyimpanan senjata perang, benda-benda pusaka dan simbol-simbol adat suku.

Gambar 1. Rumah Adat Honai

(https://budayanesia.com/keunikan-rumah-adat-honai/)

2. Ebai

Ebai berasal dari kata “ebe” yang berarti tubuh dan “ai” yang berarti rumah. Ebei digunakan untuk melakukan proses pendidikan bagi anak perempuan, para ibu akan mengajarkan hal-hal yang harus dilakukan ketika mereka menikah. ebai juga merupakan tempat tinggal ibu, anak perempuan dan anak laki-laki, tetapi anak laki-laki yang sudah dewasa akan pindah ke Honai. Rumah Ebai mirip dengan Honai tetapi memiliki ukuran yang lebih pendek dan lebih kecil dan terletak di sisi kanan dan kiri Honai.

Gambar 2. Rumah Adat Ebai

(https://berbol.co.id/rumah-adat-papua-barat-perbedaan-honai-dan-ebei/#:~:text=Ini%20merupakan%20rumah%20adat%20dari,laki%20yang%20belum%20beranjak%20dewasa.)

Gambar 3. Bagian Rumah Adat Honai

(https://bospandaku.vercel.app/pendidikan/post/sketsa-rumah-adat-honai/)

Gambar 4. Perkiraan Ukuran Rumah Adat Honai

(https://crepance-idolatrised-spelean.xyz/bd476u1y?key=0f22c1fd609f13cb7947c8cabfe1a90d&submetric=14920667)