Ilmu Feng Shui dalam Arsitektur

Oleh: 2502002293 – Shafa Nur Kamilah

Apa itu Feng Shui?

Jika melihat atau mendengar kata ini, feng shui bukan lagi hal yang asing di dalam dunia arsitektur. Feng shui berasal dari dua kata dalam bahasa Cina. Feng berarti angin dan Shui  berarti air. Sebenarnya feng shui adalah salah satu ilmu tentang tata bangunan yang mempelajari bagaimana mencapai hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya.

Sekitar 1200 S.M., masyarakat Cina mampu memetakan bintang-bintang dan orbit planet mengelilingi matahari. Kemampuan ini semakin mendorong perkembangan feng shui, terlebih  dengan terciptanya loupan yang semakin memudahkan praktek feng Shui dalam menentukan  tempat-tempat yang terbaik bagi kegiatan manusia berdasar pergerakan angin, pergantian musim, gerak matahari, dan sebagainya.

Gambar 1. Loupan (Are.na)

Ada juga lima elemen yang mewakili energi yang berbeda dalam kehidupan, yaitu; kayu, api, tanah, air, dan logam. Dengan kombinasi yang tepat, semua elemen ini dapat membentuk siklus energi positif dan efisiensi. Begitu pula sebaliknya, jika tidak ada keseimbangan maka akan ada satu unsur yang mendominasi unsur lain  yang sifatnya merusak.

Gambar 2. Feng Shui 5 Elements (Tionghoa.info)

Kombinasi dari kelima elemen yang tepat dapat diatur melalui penataan benda-benda di rumah dan elemen lainnya dapat ditambahkan. Sebagian orang percaya bahwa penerapan feng shui di dalam  rumah dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan, seperti melancarkan rezeki, membuat keluarga yang menempatinya menjadi lebih harmonis, bahagia, dan sebagainya.

Penerapan Feng Shui

Jika ingin membangun hunian, alangkah baiknya analisis feng shui masuk sebelum desain arsitektur dimulai, mengapa demikian? Karena sebenarnya analisis feng shui ini sama dengan analisis ilmiah lainnya, seperti analisis tapak, analisis struktur, fisika bangunan, dll. Yang seharusnya menjadi elemen desain tambahan, dan bukan penentu desain. Berikut beberapa dari banyaknya penerapan feng shui yang sering dibicarakan dalam konteks hunian atau rumah tinggal:

  • Posisi Pintu

Gambar 3. Front Entry (Pinterest)

Salah satu hal yang perlu diingat dalam feng shui adalah pintu utama. Karena pintu utama berhubungan dengan energi yang masuk ke dalam rumah. Hal ini banyak dipercaya dalam mempengaruhi rezeki dan keberuntungan penghuninya. Pintu utama tidak boleh menghadap dinding secara langsung. Ini dianggap sebagai kesalahan feng shui karena dapat menghalangi atau mencegah energi positif beredar di rumah. Ketika pintu terbuka, harus ada ruang yang cukup  dan tidak langsung menghadap ke dinding. Selain interior, ini juga berlaku untuk eksterior. Pastikan pintu menghadap pagar dan tidak langsung ke dinding.

Selain posisi pintu, ada pula ukuran pintu menurut feng shui yang dipercaya bisa menentukan nasib, kondisi keluarga dan lainnya. Ukuran pintu dari feng shui dapat dilihat pada tabel berikut.

Gambar 4. Tabel ukuran jendela dan pintu (wordpress.com)

  • Posisi dan Letak Tangga

Gambar 5. Tangga (Pinterest)

Tangga ternyata juga menjadi elemen penempatan dalam feng shui. Hindari menempatkan tangga di tengah ruangan, karena  akan mempengaruhi keseimbangan energi  rumah. Selain itu, tangga juga dilarang menghadap langsung ke pintu utama, karena akan mengganggu  energi harmonisasi. Hindari juga bentuk tangga dengan sudut  tajam, selain disebut  panah gelap, sudut tajam juga akan membawa bahaya karena bisa melukai.

  • Jumlah Anak Tangga

Gambar 6. Anak tangga (Pinterest)

Dalam perhitungan feng shui tangga, setiap tapak anak tangga memiliki makna tersendiri. Mengikuti konsep kehidupan Tiongkok yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Lahir, Muda, Tua, Mati, Sengsara. Makna masing-masing anak tangga tersebut sebagai berikut:

Anak tangga pertama: lahir atau shēngyang bermakna baik

Anak tangga kedua: hidup atau huó yang bermakna baik

lalu Anak tangga ketiga: sakit atau bìng yang bermakna buruk

Anak tangga keempat: mati atau sǐ yang bermakna buruk

Anak tangga kelima: sengsara atau kǔ yang bermakna buruk

Setelah anak tangga kelima, perhitungan ini berulang kembali ke anak tangga pertama. Jadi agar mendapatkan angka 1 atau 2 yang baik, perhitungan jumlah anak tangga menurut feng shui menggunakan rumus kelipatan 5 ditambah 1 atau 2; yaitu (n5 +1) atau (n5 + 2).

Kesimpulan

Masih banyak ilmu feng shui yang bisa diterapkan untuk mendesain sebuah hunian. Walaupun tidak semua orang mempercayai nya, tidak ada salah nya jika mendesain rumah dengan menerapkan feng shui. Sesuai pernyataan Descartes, “saya berpikir maka saya ada” menunjukan bahwa kita sebagai manusia yang hadir di dunia sudah selayaknya senantiasa berpikir untuk menyelesaikan segala yang terjadi dalam hidup. Tidak benar jika kita hanya semata-mata mempercayai sesuatu tanpa mengerti apa yang kita percayai. Ketika sebuah ilmu diterima tanpa ada pemikiran yang kritis dan diterima secara mentah-mentah, sepertinya hal tersebut merupakan sebuah bentuk kurang menghargai dari ilmu tersebut. Hal seperti itulah yang terjadi pada feng shui.

 

 

Sources:

Design, L. (2021, March 16). Glenwild Exercise Doors. Lecate Artisan Doors. Retrieved April 27, 2022, from https://lecateartisandoors.com/gallery/2018/7/11/glenwild-jaxz9

Hardyenrico. (2013, April 24). Ukuran Hongsui Untuk Jendela Dan Pintu. Consultation Blog. Retrieved April 27, 2022, from  https://hardyenrico.wordpress.com/2013/04/24/ukuran-hongsui-untuk-jendela-dan-pintu/

Kusnadi, L. (n.d.). Rasionalitas Dalam Arsitektur Feng Shui – PDF free download. adoc.pub. Retrieved April 27, 2022, from https://adoc.pub/rasionalitas-dalam-arsitektur-feng-shui.html

Lia, L., Ulyana, D., & *, N. (2020, May 20). Feng shui tangga di rumah juga Perlu Kamu perhatikan, Ikuti Aturan Ini. Artikel SpaceStock. Retrieved April 27, 2022, from https://blog.spacestock.com/feng-shui-tangga/

Luo-pan-feng-shui-magnetic-compass-british-library.JPG. Are.na. (n.d.). Retrieved April 27, 2022, from https://www.are.na/block/6741722

Pin on wow. Pinterest. (2022, February 16). Retrieved April 27, 2022, from https://pin.it/gDGpMMF

Tan, H. (2021, December 1). What are the five elements in Fengshui (Wuxing)? Tionghoa.INFO – Tradisi dan Budaya Tionghoa. Retrieved April 27, 2022, from https://www.tionghoa.info/what-are-the-five-elements-in-fengshui-wuxing/